Kerajinan Lukisan Dalam Styrofoam

0 494

Kerajinan Lukisan Dalam Styrofoam

Surani, warga Cakung, Jakarta Timur yang berbuat baik untuk sampah styrofoam ini. Dalam penelitiannya hingga 30 tahun, ayah dua putra ini melabuhkan sampah styrofoam ke dalam kanvas lukis.

Bersama anak keduanya, Budi Sugiarto, dia mengumpulkan sampah styrofoam dari sungai hingga ke bibir pantai di Pulau Rambut, Kepulauan Seribu. Berkarung-karung sampah ini, dia dapatkan tanpa dibayar sepeserpun. Namun, dia kebingungan membawa sampah styrofoam itu ke daratan. Alhasil, dia pun harus melelehkan styrofoam di lokasi.

“Pemanfaatan limbah styrofoam ini bisa untuk mengurangi sampah dan lingkungan. Memang, kemarin ada pro kontra dari sisi lingkungan kalau digunakan untuk bungkus makanan. Bisa kanker. Kalau ini kan saya buat untuk pajangan,” ujar Surani saat berbincang beberapa waktu lalu.

Diakuinya, limbah styrofoam itu telah dibuat beragam karya kerajinan. Mulai dari pajangan, batako, hingga saat ini sebagai bahan lukisan timbul. Limbah styrofoam ini dia lelehkan untuk kemudian ditempel dalam kanvas yang telah digariskan sketsa wajah atau objek lukis lainnya.

Beberapa karya styrofoam yang dibuatnya telah digunakan juga pelaku seni lain. Seperti dekorasi karnaval atau pengrajin lainnya. Bahkan, dia membangun Re-cycle Academy untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa atau warga yang ingin mendaur ulang sampah.

Akademi ini terletak di lantai 1, terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Di dalam akademi itu, terpajang beragam wajah tokoh kenamaan yang dilukisnya dengan styrofoam. Mulai mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Joko Widodo, Jusuf Kalla, Imam Nahrowi, artis Krisna Murti, PLT Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, Agus Yudhoyono, hingga Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat. “Lukisan sudah mencapai ribuan saya buat dari styrofoam. Tapi yang terjual baru ratusan, dengan harga kisaran harga antara Rp 5-20 juta,” ucapnya.

Source Kerajinan Lukisan Dalam Styrofoam Kerajinan Lukisan Dalam Styrofoam
Comments
Loading...