Kerajinan Ogoh Ogoh Di Bali

0 226

Kerajinan Ogoh Ogoh Di Bali

Masyarakat di pusat kerajinan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali mulai membuat patung Ogoh-ogoh Mini (bersekala kecil) yang dapat dijadikan mainan bagi kalangan anak-anak di daerah ini.

“Ogoh-ogoh yang biasanya diarak pada Hari Pengrupukan, sehari menjelang Berata Penyepian di Bali sebagai simbolis menyelaraskan aura negatif namun yang dibuat perajin hanya sebagai mainan anak-anak,” kata Wayan Dunia, seorang perajin di Sukawati.

Ia yang memelopori memproduksi mainan anak-anak itu dibuat untuk memenuhi permintaan pasar yang tersebar di Bali dan ogoh-ogoh bersekala kecil ini juga disenangi dan dibeli oleh wisatawan mancanegara yang berlibur di sini.

Ogoh-ogoh bersekala kecil dengan tinggi antara 50 Cm-satu meter itu berupa patung wayang sejenis anoman setinggi satu meter seharga Rp150.000 per biji, ogoh-ogoh jenis binatang tinggi 70 Cm seharga Rp80.000 per biji.

“Pedagang pengecer di Kapal, Kabupaten Badung saja memesan 300 biji ogoh-ogoh dari berbagai jenis rupa dan ukuran begitu pula yang ada di Kuta yang jumlahnya lebih banyak lagi,” ujar Dunia sambil menyiapkan baranya untuk konsumennya.

Ogoh-ogoh yang mirip dengan ondel-ondel di Jakarta, dibuat dengan muka yang seram sebagai simbolis untuk mengusir “Buta Kala” sangat disenangi anak-anak dan suasana ini sudah mulai ramai dibeli termasuk oleh turis dalam menikmati liburan ke Bali.

Source Kerajinan Ogoh Ogoh Di Bali Pengrajin Sukawati Buat Ogoh-ogoh Mini
Comments
Loading...