Kerajinan Origami Uang Kertas Untuk Mahar Di Purwakarta

0 342

Kerajinan Origami Uang Kertas Untuk Mahar Di Purwakarta

Menekuni Hobi atau kegemaran selain bisa menghasilkan karya yang bernilai seni, juga bisa menghasilkan uang. Seperti yang dilakukan Dede Heriswanto, Warga Gang Kemuning, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta, Jawa Barat yang menekuni kerajinan origami dari uang kertas yang dibentuk secara unik dan menyerupai benda aslinya.

Seni melipat uang kertas tersebut, diakui pria 35 tahun itu, telah dilakoninya sejak dia masih remaja. Seiring perjalanan waktu hobinya itu kemudian dikembangkannya menjadi ladang mencari rezeki.

Dengan memanfaatkan uang kertas mulai dari pecahan Rp 1000 hingga Rp 100.000 bapak satu anak ini cukup ulet dalam menekuni pekerjaannya. Beragam bentuk dia buat mulai dari miniatur Masjid hingga perahu layar. Pengerjaan untuk satu unit origami diakui Dede, memang cukup rumit. Selain tergantung pesanan juga berdasarkan besar dan kecilnya bentuk benda atau miniatur yang dikerjakan.

Begitu juga untuk uang yang digunakan membuat miniatur, sangat tergantung pada ukuran. Dibutuhkan paling sedikit 100 lembar uang dari berbagai nominal. Satu unit kerajinan biasa dijual dengan harga antara Rp 400.000 hingga Rp 700.000. “Kalau uang untuk bahannya si pemesan yang menyediakan, saya hanya mengerjakan. Biasanya juga banyak yang minta dibuatkan dari pecahan uang kuno,” tutur Dede.

Kini hasil kerajinan Dede tersebut, mulai banyak dilirik berbagai kalangan yang datang dari berbagai daerah. “Paling banyak yang pesan sekarang adalah calon pengantin, untuk kebutuhan dijadikan mahar pernikahan,” imbuh Dede.

Source https://www.merdeka.com https://www.merdeka.com/peristiwa/mengintip-bisnis-origami-uang-kertas-untuk-mahar-pernikahan.html
Comments
Loading...