Kerajinan Pahul Pancing Di Cianjur

0 1.062

Kerajinan Pahul Pancing Di Cianjur

Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ditekuni puluhan pengrajin tangan ‘Pahul Pancing Ikan’ asal Kampung Curwangi RT2/2, Desa Sukatani, Kecamatan Haurwangi, Cianjur patut menjadi kebanggaan dan menjadi modal pemberdayaan masyarakat setempat sebagai pribumi. Namun, sayangnya setelah merintis usaha selama empat tahun lebih dari saat ini masih terlupakan dan kurang perhatian serius dari Pemkab Cianjur melalui dinas terkait.

Banyak sejumlah pengrajin di Kabupaten Cianjur memiliki potensi bisa dikembangkan untuk dilirik oleh Pemkab Cianjur melalui dinas terkait. Tapi, selama ini masih banyak tersisihkan keberadaan SDM ditekuni alias kurang diperhatikan. Pasti, keluhan mereka salah satunya itu bantuan modal (biaya) untuk mengembangkan potensi usahanya tersebut.

Seperti halnya, puluhan pengrajin pahul pancing ikan selama ini butuh bantuan modal atau biaya mengembangkan UMKM. Padahal, perlu diketahui pemasaran nya sudah sampai keluar negeri Jepang dan Singapura. Seharusnya menjadi suatu kebanggaan dan pujian masih banyak putra-putra daerah Cianjur memiliki potensi segunung terlupakan dan tersembunyi keberadaannya.

“Kami, merintis usaha ini sudah hampir empat tahun dari saat ini. Selama ini masih belum menerima bantuan dari pihak manapun, apalagi dari pemerintah melalui dinas terkait. Justru, berharap apakah ada program bantuan. Kalau melihat di daerah luar Cianjur banyak program bantuan dikucurkan untuk sejumlah pengrajin,” aku Dedi Kurnia  salah satu pentolan UMKM pahul pancing ikan warga Kampung Curwangi RT2/2, Desa Sukatani, Kecamatan Haurwangi.

Beberapa pengrajin pahul pancing ikan menyebutkan, ada sekitar belasan motif atau jenis pahul dibuat dengan tangannya sendiri. Masing-masing diantaranya, motif naga, buaya, udang, macan, asmat, astrak, berbagai jenis atau bentuk kembang, burung, kujang, ceker domba, ikan dan motif lainnya. Belasan pahul diproduksinya terbuat dari bahan kayu mahoni.

Source http://jabar.pojoksatu.id http://jabar.pojoksatu.id/cianjur/2017/01/26/mantap-pahul-pancing-ikan-sukatani-cianjur-dijual-hingga-ke-jepang-singapura/
Comments
Loading...