Kerajinan Pakis Di Sinjai

0 383

Kerajinan Pakis Di Sinjai

Industri Kerajinan Pakis di Dusun Pattiroang, Desa Bonto Tengnga, Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai sudah ada sejak 30 tahun silam. Bahkan, industri tersebut selain dikenal di Kabupaten Sinjai, juga sudah dikenal di luar wilayah kabupaten sinjai salah satunya di Kota Makassar.
Salah seorang Warga Pattiroang, Desa Bonto Tangnga, Kecamatan Sinjai Borong, Muhammad Rusdi (60) yang juga sebagai Pengrajin Pakis menceritakan bahwa industri kerajinan tersebut sudah digelutinya sejak puluhan tahun lalu.
“Saya menggeluti industri kerajinan pakis ini sudah hampir tiga puluh tahun, kalau tidak salah saya mulai sejak Tahun 1983,” ujarnya.
Terkait bahan baku kerajinan pakis ini, Ia mengaku memperoleh dari hutan lalu diolah tergantung pesanan.
“Kalau untuk bahan baku, saya cari pohon pakis di hutan lalu dipilih corak yang bagus kemudian dikuliti lalu saya buat kerajinan berupa Asbak, Tas, Bossara, Tempat Tissu dan hiasan pinggiran lemari.
Adapun harga kerajinan pakis yang biasa Ia buat, Untuk Asbak harga Rp. 25. 000 hingga Rp. 75.000 tergantung ukuran, begitu juga dengan yang lainnya semakin besar tentu harganya juga mahal,” terangnya
Meski prospek kerajinan sangat menjanjikan, namun industri belum bisa berkembang seperti layaknya industri kecil lainnya. Kendalanya minimnya modal usaha dan tidak ada tempat usaha.
“Ini usaha bagus sekali, tapi karena tidak ada modal, saya hanya membuat kerajinan pakis kalau ada pesanan. Biasanya pesanan mulai ramai jika ada event atau pameran,’ ujarnya.
Selain itu, kami juga tidak memiliki stand khusus (tempat usaha) sehingga untuk pemasarannya saya merasa terkendala, dan hanya orang yang ingin membeli yang terkadang datang langsung ketempat saya,” jelasnya.
Meski terkendala modal dan pemasaran, namun karya tangan dari kakek tua ini, juga sudah dikenal bukan hanya di Kabupaten Sinjai, tetapi di luar Sinjai termasuk di Makassar sudah mengenalnya.
“Banyak pesan dari luar Sinjai, salah satunya pernah dipesan salah satu pemilik stand di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin untuk dipajang,” ujarnya bangga
Source http://old.upeks.fajar.co.id http://old.upeks.fajar.co.id/aksi-korporasi/melirik-industri-kerajinan-pakis-di-sinjai-borong.html
Comments
Loading...