Kerajinan Pande Besi Di Aceh Utara

0 216

Kerajinan Pande Besi Di Aceh Utara

Warga Gampong Paloh, Kecamatan Tanah Pasir, Kabupaten Aceh Utara, memiliki kreativitas usaha yang dilakoninya yaitu pengrajin besi, pekerjaan itu paling diminati oleh warga setempat. Tidak heran jika berkunjung di desa itu akan terdapat pemandangan yang berbeda, dimana sebagian kaum ibu tampak bertangan besi atau menempa benda-benda tajam untuk membantu suami maupun kerabatnya.

Tampaknya lebih kurang ada 20 lokasi usaha pengrajin besi di desa tersebut, kreativitas yang dihasilkan warga beragam baik berupa parang, cangkul, sabit, pisau serta hal lainnya.

Salah seorang pengrajin besi, warga Gampong Paloh, Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara, Darkasyi, mengatakan, ia bersama istrinya, Aminah telah memulai menempa besi kurang lebih sudah 25 tahun, baik menempa sabit, parang, pemotong pinang, cangkul, pisau serta berupa lainnya.

“Akan tetapi dari hasil ini kita tidak menaruh di toko-toko, karena ini barang pesanan orang lain. Kegiatan ini tidak lain adalah semata untuk bisa menghasilkan kebutuhan sehari-hari, sedangkan untuk penghasilan dari menempa besi ini dalam sehari mencapai Rp. 300 ribu” ujar Darkasyi.

Sementara itu, istrinya Aminah, menambahkan, sedangkan untuk alat menempa besi seperti pisau, golok, sekop, sabit dan berupa hal lainnya itu berasal dari Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Menurut Aminah, namun cara pembuatannya sebagian ada yang masih menggunakan alat secara manual, ada pula yang menggunakan alat modern seperti Hammer dan Drill.

Source https://pelita8.com https://pelita8.com/pengrajin-besi-di-aceh-utara-produksi-alat-pertanian/
Comments
Loading...