Kerajinan Pande Besi Di kediri

0 367

Kerajinan Pande Besi Di kediri

Keberadaan kerajinan pande besi manual di Kabupaten Kediri semakin memprihatinkan. Selain kesulitan mendapatkan arang sebagai bahan utama pembakaran, para pengrajin pande besi juga harus bersaing dengan produk besi modern.

Pola hidup yang semakin modern berdampak pada sejumlah pengusaha manual rumahan di pedesaan. Salah satunya ialah pengusaha atau pengrajin pande besi, yang harus bertahan di tengah-tengah peralatan yang serba mesin dan canggih. Kerajinan pande besi di Kabupaten Kediri kini kondisinya semakin memprihatinkan. Pasalnya, selain bahan baku besi dan arang dengan kualitas bagus sulit didapatkan, produk pande besi juga harus bersaing dengan produk besi buatan mesin.

Kondisi inilah yang dialami pengusaha pande besi rumahan di Desa Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Meski berat, pengusaha pande besi harus tetap menghadapi persaingan ekonomi modern dengan mengedepankan kualitas produk mereka.

Pardi, salah satu pengusaha pande besi mengatakan, menurunnya peminat produk kerajinan pande buatannya dipengaruhi oleh lamanya pembuatan . Sementara harganya, tidak jauh berbeda dengan produk pabrikan. Untuk cangkul, ia mematok harga Rp 130 ribu, clurit Rp 150 ribu, dan golok Rp 200 ribu.

Meski demikian, kualitas produk pande besi manual masih sangat bagus. Salah satu konsumen mengaku masih meminati produk manual karena kualitas sangat bagus, dan harga cukup terjangkau. Meski sempat dibantu oleh pemerintah desa berupa blower api, para pengusaha masih berharap adanya peran pemerintah untuk membuka lapak pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk.

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=28158
Comments
Loading...