Kerajinan Pande Besi Di Mataram

0 174
Kerajinan Pande Besi Di Mataram

Sebab, sehari-hari hampir semua sibuk bergelut dengan besi. Mulai pagi hingga sore. Bahkan sampai larut malam. Dari kampung yang terletak di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, tersebut, dari dekade ke dekade, berbagai karya inovasi dari besi pun dilahirkan. Tak heran kalau kemudian Getap dijuluki ’’Kampung Jepang’’. Merujuk pada daya kreasi yang jadi ciri khas warga Negeri Matahari Terbit tersebut.

’’Hanya pesawat dan kapal laut yang belum pernah kami buat,’’ kata Muhammad Aiko Zulhimam.

Aiko adalah satu di antara sekian banyak inovator yang ada di Getap. Hanya dengan modal kemauan keras dan keberanian mencoba, dia dan warga Getap yang lain bisa menciptakan banyak karya.

’’Kreativitas warga Getap ini bermula sejak pemerintahan Anak Agung (Gede Ngurah dari Kerajaan Karangasem),’’ kisah Aiko.

Sejarah mencatat, Pulau Lombok, tempat Mataram berada, dulu pernah menjadi daerah kekuasaan Kerajaan Karangasem dari Bali. Sekitar abad ke-17. Persisnya pada 1740.

’’Mereka pun membuat tata letak dan wilayah-wilayah bagian dari Kerajaan Karangasem di Lombok. Salah satunya dengan menjadikan Getap sebagai pusat pengolahan besi,’’ tutur alumnus IAIN Mataram tersebut.

Dan, itu bertahan hingga kini. Tanpa ada yang benar-benar menonjol yang menjadi tokoh di balik lahirnya Getap sebagai wilayah kerajian pengolahan besi. Sampai akhirnya, terjadi congah atau pemberontakan dari masyarakat suku Sasak yang menjadi penduduk asli Lombok. Meletuslah pertempuran sengit melawan pasukan Karangasem di mana-mana. Meski demikian, Getap tetap menjadi pusat pandai besi. ’’Bahkan, sampai akhirnya Jepang masuk dan memulai penjajahannya di Lombok,’’ jelasnya.

Source https://www.pontianakpost.co.id https://www.pontianakpost.co.id/getap-kampung-di-mataram-tempat-lahirnya-berbagai-inovasi-dari-besi
Comments
Loading...