Kerajinan Pande Gong Di Klungkung, Bali

0 239

Kerajinan Pande Gong Di Klungkung, Bali

Pande Gong Desa Tihingan, Klungkung, Bali merupakan salah satu sentra kerajinan gong, Satu set gamelan Bali lengkap umumnya bisa dikerjakan oleh sepuluh pekerja bengkel dalam waktu sekitar 2 bulan. Harga satu set gamelan itu berkisar dari puluhan sampai ratusan juta rupiah, bergantung pada bahan yang dipakai serta kehalusan pekerjaan. Bahan bakunya adalah campuran kuningan tembaga dengan perbandingan tertentu.

Rumah Pande Gong Desa Tihingan I Wayan Mustika, menjadi petunjuk bagi wisatawan untuk mampir. Di sisi sebelah kanan terdapat sebuah ruang dengan koleksi gong dan benda kerajinan lain di Pande Gong Desa Tihingan I Wayan Mustika. Selain terkenal sebagai pembuat gong, Pande Gong Desa Tihingan juga membuat Gender Wayang, Kelentangan (Angklung), Semara Pegulingan, ceng-ceng, kempuk, panggul, kelengkapan gamelan.

Di pendopo Pande Gong Desa Tihingan sebelah kanan ini terdapat sejumlah peralatan musik yang terbuat dari bahan bambu dan dikenal bernama Kelentangan. Alat musik bambu yang menyerupai angklung ini terbuat dari susunan bambu, namun diletakkannya secara mendatar, dan dibunyikan dengan cara dipukul, bukan digetarkan.

Source Kerajinan Pande Gong Di Klungkung, Bali Kerajinan Pande Gong Di Klungkung, Bali
Comments
Loading...