Kerajinan Paper Quilling Di Tulungagung

0 480

Kerajinan Paper Quilling Di Tulungagung

Bermodalkan kertas berwarna dan polos, Mbak Nica Berti Vitrana, pemudi asal Tulung Agung, Jawa Timur ini dapat berkreasi. Selain kertas gulung, membuat kerajinan ini hanya butuh alat yang sederhana. Gunanya untuk membnetuk kertas sesuai pola yang diinginkan.

Paper quilling, juga dikenal sebagai seni melipat kertas, adalah seni yang tugasnya melengkungkan potongan kertas. Kesenian ini lahir lebihd ari 500 tahun yang lalu melalui para seniman yang menemukan bahwa kertas strip bisa digulung, digulir, dilapisi, dan dibentuk menjadi ragam desain nan indah.

Di aplikasikan dalam frame, bentuk 3d, vas bunga, dan juga replika makanan. Tekniknya sebenarnya tidak hanya digulung saja, ada yg menggunakan sisir untuk bentuk tertentu, tp memang rata2 digulung. Menggulungnya pakai jarum quilling. Tapi kalo saya mensiasatinya dengan pakai jarum buatan sendiri. Kalau saya lebih suka di aplikasikan ke dalam pigura. Proses pembuatannya, lama karna detail sekali satu persatu. 

Umumnya kerajinan kertas menggunakan teknik origami, pop art, dan paper cut. Namun paper quilling menggunakan teknik gabungan dari semuanya. Mangkanya hasilnya tak cukup 2 dimensi. Melainkan 3 dimensi. Di tangan wanita kelahiran 7 Juni 1988 kertas-kertas ini bisa menjadi bermacam jenis produk. Seperti stationery, kartu undangan, kartu ucapan, kado ulang tahun, hingga post card. Yang lebih menarik lagi, kreasi-kreasi kertasnya ini juga diselipkan tema-tema yang diadopsi dari film, maupun trend fashion masa kini. Konsep sajian kuliner pun tak ketinggalan.

Tahap awal pembuatan kreasi kertas terasa begitu aktif dalam membuat gulungan menggunakan sumber daya kertas khusus. Ukurannya: 0,3 hingga 0,5 cm per lembarnya. Kertas ini berbeda dengan kertas pada umumnya. Karena size-nya yang tipis, sehingga mudah untuk dibentuk. Tapi tetap harus hati-hati, agar saat menggulung kertas tidak robek.

Jika sudah robek, pengalaman lah yang berbicara. Semakin rutin melakukan pelatihan maka proses menggulung kertas ini menjadi penting, karena merupakan ornamen utama. Selanjutnya, gulungan kertas di lem dan dibentuk sesuai ukuran yang diinginkan. Lalu menambahkan aksesoris dengan teknik lipat sesuai kebutuhan. Pajangan yang dihasilkan bukan hanya sekedar pemanis ruangan. Ia juga memanfaatkan diorama 3 dimensi untuk mengkolaborasikan karyanya dengan keinginan konsumen.

Source http://warga-desa-worlds.blogspot.co.id http://warga-desa-worlds.blogspot.co.id/2017/12/nica-berti-vitrana-seniman-paper.html
Comments
Loading...