Kerajinan Parang Dari Flores

0 230

Kerajinan Parang Dari Flores

Parang bagi masyarakat Flores adalah bagian keseharian yang tidak dapat terpisahkan. Kemanapun mereka pergi, laki-laki maupun perempuan, sebuah parang menjadi bagian penting yang selalu harus dibawa, sebagaimana telepon selular bagi masyarakat perkotaan. Terutama ini masih berlaku bagi mereka yang tinggal di perkampungan atau pedesaan untuk perlengkapan mereka berangkat ke sawah atau ladang. Parang, secara khusus, juga merupakan simbol kejantanan dan bagian penting kehidupan sehari-hari bagi kaum laki-laki, baik sejak kanak hingga dewasa. Parang, demikian pentingnya, juga menjadi bagian kelengkapan para laki-laki hingga dalam setiap tarian adat sekalipun.

Berbicara mengenai tempat produksi parang, ternyata parang-parang di Flores tidak diproduksi secara masal di sebuah pabrik. Satu lagi kearifan lokal di Flores, parang-parang ini ternyata diproduksi secara rumahan. Tidak banyak yang tahu apabila di kampung-kampung di Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka yang sejuk karena terletak di dataran yang cukup tinggi ini, ternyata terdapat banyak pengrajin pandai besi yang tersebar di rumah-rumah penduduk.

Yang pasti, meriam-meriam ini telah digunakan secara turun temurun oleh para pengrajin yang dalam sehari mereka bisa menghasilkan antara empat hingga lima parang salah satunya Setijo Parang-parang berbagai bentuk yang sudah jadi ini masih memerlukan sentuhan akhir, yaitu digerinda agar lebih tajam dan terlihat mengkilat sebelum diberikan pegangan yang biasanya dari batang bambu. Harga parang setelah jadi bervariasi, tergantung bentuk, besar, dan panjangnya. Setelah jadi, para pengrajin ini akan menjual langsung parang-parang ini ke pasar-pasar terdekat, baik di Pasar Alok, Pasar Maumere, hingga Pasar Geliting dan Lekebai. Dari hasil wawancara dengan seorang pengrajin, penghasilan dari membuat parang dalam sebulan cukup dapat diandalkan sebagai pekerjaan tetap bagi mereka, mengingat kebutuhan dan permintaan akan parang di Flores tidak pernah berhenti.

Source Kerajinan Parang Dari Flores Kerajinan Parang Dari Flores
Comments
Loading...