Kerajinan Patung Burung Hias Di Gianyar

0 161

Kerajinan Patung Burung Hias Di Gianyar

Semakin hari perajin patung burung hias ini semakin berkurang, minat generasi muda akan kerajinan ini semakin ditinggalkan, para remaja sedikit demi sedikit mulai meninggalkan keterampilan ini dan lebih memilih bekerja di restouran atau yang lainnya.

Seorang perajin, Gusti Ngurah Made Ngurah, menuturkan untuk mencari perajin saat ini sudah mulai susah. Penyebabnya, kemungkinan dikarenakan profesi tersebut dianggap kurang bergengsi karena hanya bekerja di rumah, dan susah mencari pasangan karena dianggap tidak bekerja.

“Saya sering menolak mengerjakan dalam jumlah banyak karena tidak bisa menggarapnya. Kalau jumlah perajin sekarang hanya tinggal beberapa saja yang masih bertahan, sebagian sudah beralih ke profesi lain yang dianggap lebih bergengsi,” ucapnya saat usai pulang dari tangkil ke Pura Besakih.

Puluhan hasil kerajinan burung hias dihasilkan oleh bapak ini, per hari sekitar 25 buah bisa diselesaikan sampai tahap penyelesaian.

Meski tidak ada yang meneruskan keahliannya dalam membuat berbagai bentuk kerajinan burung hias ini. Ia tetap konsisten dalam mengerjakan pesanannya yang di-request dari berbagai negara seperti AmerikaInggris dan lainnya.

Meski sepulang dari tangkil sembahyang di Besakih, bapak ini masih sempat melanjutkan pekerjaannya menyelesaikan orderannya.

Source http://bali.tribunnews.com http://bali.tribunnews.com/2017/04/23/made-ngurah-bertahan-buat-patung-burung-hias
Comments
Loading...