Kerajinan Patung Dari Bahan Kepeng Di Bali

0 211

Kerajinan Patung Dari Bahan Kepeng Di Bali

Dulu, kepeng, duit koin kuno, menjadi alat tukar. Kini, kepeng dipakai sebagai bahan baku kerajinan. Tak cuma kerajinan fesyen, kepeng pun menjadi bahan baku patung berharga hingga Rp 90 juta per patung. Sayang, para perajin di Bali masih kesulitan memperlebar pasar.

Hingga kini, kepeng masih dipakai dalam upacara-upacara adat dan keagamaan. Namun, ada juga produsen koin kepeng yang membuatnya menjadi aksesori fesyen seperti kalung. Tak terbatas di bisnis fesyen, para perajin Bali yang terkenal kreatif ini mendiversifikasi produk. Salah satunya adalah patung.

Patung kepeng merupakan salah satu bentuk kreasi seni yang unik dan diyakini sudah ada di Indonesia sejak dulu. Seni ini belum terlalu terkenal meski memiliki potensi yang menjanjikan. Kumpulan koin tersebut dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk patung. Mulai dari patung Dewi Saraswati, patung legong, dan patung ganesha.

Salah satu pembuat patung dari koin adalah Dewi Wahyuni di Denpasar, Bali. Bersama sang suami, ia menekuni usaha ini sejak tahun 1997 di bawah nama usaha Sinar Jaya Gemilang. Dewi mengaku awalnya hanya iseng belajar dari perajinnya di daerah Kuta, Bali.

Ia ternyata malah jatuh cinta pada kerajinan seni patung kepeng ini setelah menjalani. Alasannya, selain unik dan khas Bali, patung ini juga memiliki nilai artistik yang sangat tinggi. Saat ini, Dewi bisa melayani sekitar dua hingga lima permintaan patung kepeng dalam sebulan. Ia menjual patung karyanya itu mulai dari harga Rp 35 juta hingga Rp 90 juta per unit. Para pemesannya kebanyakan berasal dari Bali dan Jawa.

Pembuatan patung ini memakan waktu mulai dari 15 hari hingga enam bulan, tergantung ukuran dan jenisnya. “Ukuran paling besar yang pernah saya buat adalah setinggi 90 sentimeter dengan harga Rp 80 juta,” ujar Dewi. Sedangkan model patung yang paling banyak diminati adalah patung Dewi Saraswati atau yang dikenal dalam agama Hindu sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan.

Harga keping uang kepeng tidak sama tergantung tua dan mudanya tahun pembuatan, juga lokal dan impor. Uang kepeng tua mempunyai karat yang berubah warna, biasanya kehijau-hijauan sebagai ciri khas karat dari tembaga.

Harga beli kepeng dengan ronce per 1.000 keping mulai Rp 100.000 hingga Rp 2 juta. Jadi harga dari sebuah patung kepeng sangat tergantung pada kualitas koin dan besar kecil patung atau volume jumlah koin. Satu patung setinggi 40 cm biasanya membutuhkan sekitar 1.200 kepeng. Sedangkan patung setinggi 1,3 meter membutuhkan sekitar 7.000 kepeng.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/meronce-kepeng-menjadi-tambang-duit-1
Comments
Loading...