Kerajinan Patung Di Jembrana, Bali

0 260

Kerajinan Patung Di Jembrana, Bali

I Gede Wibawa, memulai usaha kerajinan patung nya di Yeh Embang, Kabupaten Jembrana, Bali Barat sudah puluhan tahun menggeluti sebagai seniman patung yang menghasilkan karya-karya inovatif.

Karya seninya itu antara lain berupa puluhan patung Rama Sinta untuk memenuhi pesanan dari mitra kerjanya di Malaysia, Australia, dan Jepang. Khusus karya seni yang dikirim ke Jepang berupa bentuk macan masih eksis hingga sekarang.

Sejumlah karya seni patung itu antara lain berupa patung Sekar Taji di Pura Sekar Taji Kedi Jawa Timur, patung Macan di Banyuwangi, patung Romatyli di Jakarta dan sejumlah patung lainnya untuk kelengkapan tempat suci di sejumlah Pura di Pulau Jawa.

Selain itu patung Bima Ruci sebagai hiasan Taman Pecangakan di depan Kantor Bupati Jembrana, patung Garuda Wisnu Kencana di halaman Kantor Bupati Jembrana dan patung Jaran Rana di sudut Catu Pata (Perempatan) depan Kantor Bupati Jembrana.

Demikian pula pernah membuat patung Adipura, lambang tertinggi dalam bidang kebersihan yang pernah diraih oleh Kabupaten Jembrana, patung jam yang hingga sekarang masih utuh di Desa Pengambengan, Kabupaten Jembrana dan patung naga di Pura Jagatnata Jembrana. Karya monumental lainnya berupa patung pejuang Kapten Sugianyar di pertigaan Kabupaten Jembrana serta sejumlah patung Genesa dan patung Dewi Saraswati, lambang ilmu pengetahuan di sejumlah sekolah di Bali barat.

Source Kerajinan Patung Di Jembrana, Bali Kerajinan Patung Di Jembrana, Bali
Comments
Loading...