Kerajinan Patung Di Kediri

0 519

Kerajinan Patung Di Kediri

Pak Jamran, Ketua Asosiasi Pengrajin Kota Kediri, yang juga mempunyai usaha kerajinan Patung menekuni usahanya sejak tahun 2006.  Awalnya, Pak Jamran yang pernah menjadi pegawai Pemberdayaan Masyarakat ini mengawali usahanya dengan mencoba berbagai macam karya seni. Karena memang pada dasarnya beliau menyukai seni apapun. Seiring berjalannya waktu, pemilik usaha “Luku Bintang” ini terkenal sebagai seorang pengusaha kerajinan patung. Alasan beliau dijuluki sebagai pengrajin patung adalah dari berbagai macam produk kerajinan yang dihasilkannya, produk yang laku keras adalah cinderamata patung, plakat, piala yang berbahan baku dari fiberglass logam dengan sedikit unsur kayu, serta pembuatan patung besar atau monumen.

Walaupun demikian, patung bukanlah karya satu-satunya yang beliau hasilkan. Di rumahnya, di kawasan Perumahan Wilis 2 Kota Kediri, beliau juga menerima beberapa pesanan karya seni lainnya seperti desain interior atau dekorasi sebuah acara. Untuk patung, pemesannya banyak yang dari luar Kota Kediri, seperti Surabaya, Blitar dan bahkan sampai Jakarta.

Patung yang dibuat Pak Jamran kebanyakan berbahan dasar Fiber, namun juga menerima permintaan patung berbahan dasar logam dan kayu. Kerajinan Fiber termasuk kerajinan yang langka, karena dari seluruh Nusantara yang menekuni kerajinan Fiber hanya ada beberapa pengrajin, yaitu Bandung, Jakarta, dan Kediri.

Pak Jamran mengaku pesaing-pesaingnya telah menggunakan teknologi yang terbaru dalam bahan, namun Pak Jamran memiliki kelebihan dalam hal detail dibanding dengan pesaingnya yang menggunakan teknologi yang terbaru. Rata-rata penjualan Pak Jamran adalah 300-400 unit per bulan, sedangakan tiap unit rata-rata seharga 40.000,-.

Source http://kimaspekori.blogspot.co.id http://kimaspekori.blogspot.co.id/2015/03/pak-jamran-dari-patung-hingga-desain.html
Comments
Loading...