Kerajinan Patung Fiber Di Malang

0 164

Kerajinan Patung Fiber Di Malang

Johan Jauhari tidak bisa melupakan pengalaman pada 2009 lalu. Saat itu dia mendapat kepercayaan agar membuat patung untuk mantan presiden BJ Habibie.

“Saat itu saya buat patung di dalam patung. Begitu dapat pesanan, saya langsung membuat patung. Pak Habibie minta dibuatkan patungnya Soekarno,” ucap Johan.

Ditemui di bengkel galerinya, Art Cha Galeri di Jalan Kepuharjo, Karangploso, Kabupaten Malang, Johan sedang asyik menyelesaikan patung dari fiber. Lebih tepatnya fiber yang biasa digunakan untuk body mobil dan motor sport.

Bahan yang dijadikan bahan dasar ini belum banyak dilakukan perajin lain. Johan mendapatkan ide itu setelah beberapa kali melakukan perobaan.

Johan menunjukkan satu karya berupa catur bergaya Egypt dan gaya Inggris. Catur ini sudah dibeli kolektor asal Surabaya.

Papan catur sampai buah caturnya sangat unik. Memang papan caturnya tidak terbuat dari fiber, tetapi dari kayu disertai ukiran sesuai tema. Keunikannya ada di buah caturnya. Buah catur berbentuk raja dan ratu pada catur gaya Egypt ini menggambarkan kebangsaan Egypt, Cleopatra.

“Saya membuat sesuatu yang beda. Gaya Egypt, gaya Inggris, gaya Tiongkok, dan sebagainya. Saya membuat kalau ada pesanan,” tambahnya.

Alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta ini menuturkan darah seninya mengalir dari ayahnya. Dia memilih fiber karena mudah didapat dan banyak kerajinan yang bisa dibuat.

Karyanya sudah menembus pasar internasional, seperti Australia, Amerika, atau Eropa. Untuk meneruskan ilmu dan idenya, dia meneruskan ilmunya kepada 25 muridnya. Johan membuat sekolah gratis untuk siswa yang juga khusus.

Source http://suryamalang.tribunnews.com http://suryamalang.tribunnews.com/2016/12/16/patung-fiber-karya-pemuda-karangploso-ini-sudah-tembus-pasar-internasional-lihat-keunikannya
Comments
Loading...