Kerajinan Patung Ganesha Raksasa Di Batu

0 229

Kerajinan Patung Ganesha Raksasa Di Batu

Ingin memiliki patung raksasa berbahan mirip batu kini tidak sulit. Di Junrejo Kota Batu, ada pembuat kerajinan patung berbahan mirip batu. Mereka menggunakan cor alias campuran pasir dan semen. Campuran semen dan pasir itu diolah sedemikian rupa sehingga penampakannya menjadi mirip batu asli. Bobotnya pun cukup berat, menyerupai batu asli.

Perajin patung cor itu ada di Jalan Ir Soekarno Desa Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu. Para perajin mengaku, membuat patung menggunakan semen cor lebih mudah dibandingkan berbahan batu. Lebih dari itu, bahannya murah dan juga mudah didapat.

”Membuatnya mudah dan bahannya juga mudah didapat. Perajin patung pahat batu saat ini sudah jarang, kebanyakan di Trowulan,” kata Susanto, salah seorang perajin patung cor.

Menurut Susanto, patung cor hampir sama kuatnya dengan patung batu. Karena dibuat dari kerangka baja, campuran pasir dan semen. Konstruksinya kokoh. ”Sehingga ketika diangkut kemana-mana atau kena angin dan hujan, tidak masalah,” imbuh kolektor barang antik ini.

Patung yang diproduksinya beragam. Ada yang berciri agama Buddha seperti ganesha dan patung Sang Buddha. Juga bentuk-bentuk lain seperti gatotkaca, totem suku pedalaman Kalimantan, hewan dan variasi lain sesuai pesanan. Selain dipasarkan di wilayah Surabaya, Gresik dan Kalimantan, patung cor juga diminati oleh pasar luar negeri. Misalnya negara Jerman, Belanda dan Australia.

Harga patung tersebut bervariasi mulai Rp 500 ribu sampai Rp 25 juta per buah, tergantung tingkat kesulitan dan ukuran. Ia membuat patung berbahan semen cor tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Prosesnya pun mudah.

”Pertama pembuatan kerangka patung pakai baja, terus dilapisi kawat kasa. Setelahnya baru disemen sesuai model yang akan dibuat. Hanya saja bagian buat model ini, butuh keterampilan dan seni khusus,” papar Purwanto sambil menyelesaikan patung ganesha setinggi 2,5 meter dengan berat dua ton.

Source http://www.batutimes.com http://www.batutimes.com/baca/7038/20160802/091523/lahirkan-ganesha-raksasa-dari-pasir-dan-semen/
Comments
Loading...