Kerajinan Patung Loro Blonyo Di Gunung Kidul

0 374

Kerajinan Patung Loro Blonyo Di Gunung Kidul

Patung Loro Blonyo merupakan patung pengantin. Patung Loro Blonyo dibuat berdasarkan patung-patung yang ada di Keraton Yogyakarta. Dari sanalah inspirasi pembuatan patung ini dimulai.

Patung ini pertama kali diperkenalkan di Galeri Loro Blonyo, sehingga patung diberi nama Loro Blonyo. “Patung berbahan kayu sengon laut dijual dengan harga Rp 70.000 – Rp 400.000 per buah, tergantung ukurannya. Gaya atau pose patung dibuat beragam. Namun, karakter dan kekhasannya tetap dipertahankan guna menampakkan ciri utama patung”, kata Winarsih salah satu pengrajin yang menggarap kerajinan patung Loro Blonyo di Sentra Kerajinan Batur, Putat, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Kalangan perajin patung Loro Blonyo mengalami kendala dalam pengembangan usaha karena mengalami kekurangan sumber daya manusia (SDM) akibat masih tingginya urbanisasi atau banyaknya kalangan umur produktif yang merantau bekerja di kota.

Hingga saat ini, para pembuat patung di Desa Wisata Kasongan telah membuat puluhan pose patung Loro Blonyo. Wisatawan pun dapat menikmati patung ini di showroom-showroom Desa Wisata Kasongan. Wisatawan juga dapat memesan langsung kepada perajin di sana untuk menjadikan patung sebagai oleh-oleh khas Bantul DI Yogyakarta.

Source Kerajinan Patung Loro Blonyo Di Gunung Kidul Kerajinan Patung Loro Blonyo Di Gunung Kidul
Comments
Loading...