Kerajinan Patung Primitif Di Bantul

0 194

Kerajinan Patung Primitif

Patung primitif bukan hanya karya Asmat, Papua di Indonesia, tapi juga ada di Bantul. Produk kerajinan patung primitif dari Pucung, Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mampu menembus pasar Jepang dan sejumlah negara lainnya.

“Kerajinan patung primitif buatan kami  telah dipasarkan ke Jepang dan berbagai negara lainnya yakni Amerika Serikat dan Polandia,” kata Sujid, pengelola kerajinan patung primitif Pucung, Kabupaten Bantul.

Sejak menekuni kerajinan patung kayu ini, yakni pada 1996 dirinya telah mampu memasarkan kerajinan buatannya ke sejumlah negara-negara di dunia.

Ia juga mengatakan pada awal berdirinya kerjinan patung primitif ini, dirinnya mempunyai sebanyak 150 pekerja untuk memproduksi patung terebut, namun untuk saat ini jumlah pekerja berkurang menjadi orang.

“Dalam satu bulan kami mampu memproduki kerajinan patung primitif ini sekitar 100 hingga 300 patung per bulannya,” katanya.

Sementara itu, ia mengatakan dirinya memproduksi berbagai jenis patung  primitif yang terbuat dari kayu Jati dan Mahoni. Hasil karya patung terebut merupakan modifikasi antara patung dari Asmat, Indian dan dipoles dengan kreativitas kami sendiri,” katanya.

Untuk harga jual patung primitif, Sujid mengatakan dirinya mematok harga khusus untuk setiap jenis patung tergantung ukuran besar kecilnya patung.

Untuk harga kami menjual kerajinan patung mulai dari ukuran kecil yakni berukuran cinderamata hingga patung yang berukuran besar mencapai tiga meter, yakni antara Rp3.000 hingga Rp9 juta per buahnya,” katanya.

Source Kerajinan Patung Primitif Di Bantul Kerajinan Patung Primitif Di Bantul
Comments
Loading...