Kerajinan Patung Sikerei Di Mentawai

0 217

Kerajinan Patung Sikerei Di Mentawai

Perajin souvenir khas Mentawai kesulitan memasarkan hasil kerajinannya karena karena terbatasnya pasar dan promosi. Saat Festival Pesona Mentawai, Sumatera Barat, ukiran khas ini diminati pengunjung dari luar Mentawai.

“Kita terkendala soal pemasaran dan tempat, namun dengan adanya event tahunan ini, kita akan coba menggelutinya dengan bergabung bersama teman-teman yang memiliki hobi seni,” kata Viator, salah seorang perajin yang membuat patung sikerei dari kayu.

Sebenarnya sudah ada peluang usaha souvenir ini karena ada dinas yang mau membantu untuk memfasilitasi tempat dan modal. “Kemaren itu kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mentawai memberikan dorongan. Beliau siap membantu kalau ada keseriusan untuk membuat kreatifitas ini dan ini mau coba kita ambil,” katanya.

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet mengatakan, selama ini penjualan souvenir khas Mentawai baru bersifat dadakan. “Belum ada yang dibuat secara berkesinambungan. Muncul dan dibuat saat ada acara atau event,” katanya, Minggu, 1 Mei 2016.

Padahal menurut Yudas, souvenir khas Mentawai ini cukup laris dan disukai orang luar. “Hasilnya lumayan saat event itu. Ada yang beli gelang, hiasan meja, dinding. Tapi habis itu tidak ada lagi,” katanya.

Untuk menunjang pemasaran hasil kerajinan itu, Yudas berharap ada toko kerajinan khas Mentawai. “Kita ingin ada toko yang khusus menjual itu. Saat orang datang ke Mentawai mereka membeli oleh-oleh sovenir tinggal mengarahkan mereka kesana. Dinas terkait juga kita dorong untuk membina masyarakat atau kelompok yang melirik usaha ini,” katanya.

Source http://www.mentawaikita.com http://www.mentawaikita.com/berita/235/perajin-souvenir-mentawai-kesulitan-pasarkan-produk.html
Comments
Loading...