Kerajinan Payung Di Bogor

PRODUKSI PAYUNG PROMOSI
0 244

Kerajinan Payung Di Bogor

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tak mampu merealisasikan syahwat walikota menciptakan pengrajin-pengrajin payung. Hingga kini, belum ada rencana UMKM pengembangan pengrajin payung di Kota Hujan.

“Belum ada. Program kerja dibuat di awal tahun. Tapi nanti disampaikan ke forum UKM Kota Bogor. Dinas tidak bisa mengarahkan supaya warga menjadi pengrajin payung. Itu kan kreasi orang. Kami berharap, karena ini menjadi agenda tahunan di HJB (Hari Jadi Bogor), warga termotivasi karena ada peluang pasar muncul,” kata Kepala Dinas UMKM Kota Bogor Hidayat Yudha Priatna.

Sekadar informasi, festival payung di perayaan HJB ke-533, awal Juni lalu, panitia terpaksa membeli payung-payung dari toko dan pengrajin dari luar kota. Itu lantaran minimnya pengrajin payung di Kota Hujan. Bahkan dalam catatan UMKM, pengrajin payung hanya ada satu di Kota Bogor.

Sementara itu, lebih dari 10 ribu UMKM di Kota Bogor mayoritas bergerak di bidang kuliner, jasa, dan produk sandang. Yudha mengaku rutin melakukan pembinaan, pengelolaan dan manajemen untuk meningkatkan kinerja UMKM.

Padahal, pada dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) 2015, ratusan juta dikeluarkan dinas ini khusus untuk pemberdayaan UMKM saja. Seperti, gelar produk UMKM yang membutuhkan belanja pegawai Rp7,5 juta, dan belanja barang dan jasa Rp242,5 juta.

Kemudian updating data UMKM membutuhkan dana belanja pegawai Rp57,9 juta, serta belanja barang dan jasa Rp342 juta. Ada juga peningkatan kualitas kinerja UMKM di mana belanja pegawainya Rp13,5 juta, belanja barang dan jasa Rp336,5 juta. Serta monitoring dan evaluasi UMKM dengan belanja pegawai Rp68,3 juta, belanja barang dan jasa Rp6,6 juta.

Source https://jabar.pojoksatu.id https://jabar.pojoksatu.id/bogor/2015/06/19/hanya-satu-pengrajin-payung-di-kota-hujan/
Comments
Loading...