Kerajinan Peci ‘Menara Jaya’ Di Cianjur

0 140

Kerajinan Peci ‘Menara Jaya’ Di Cianjur

Di Cianjur, tak hanya lampu gentur saja yang mendunia, namun Peci Menara Jaya di Kampung Gentur Kabupaten Cianjur pun sudah dikenal dan banyak dipesan para konsumen mancanegara.

Ketika konsumen lokal ramainya musiman, namun tidak bagi para konsumennya di luar negeri. Produk kreatif buatan H Cecep Mahfudin ini laris manis dipesan pelanggannya di Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Turki serta negara-negara lainnya.

Siapa sangka, usaha Peci Menara ini dimulai saat sang pemilik, H Cecep Mahfudin di PHK di perusahaan swasta pada 1982. Dengan modal awal hanya Rp250 ribu, Mahfudin mampu memproduksi 600 peci perbulan dengan beragam motif dan warna.

“Ya, awalnya hanya modal Rp250 ribu saja. Rp100 ribu buat bahan baku, Rp150 ribu buat peralatan dan mesin jahitnya. Awalnya hanya dikerjakan sendiri tanpa karyawan, tapi alhamdulillah bisa berkembang,” ujarnya

Cecep mengaku usahanya bukan hanya sekadar mencari keuntungan, namun tujuan membuka usaha peci tersebut karena memiliki keinginan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Akhirnya, kini usahanya pun memiliki 9 orang karyawan.

Soal harga, Cecep menyebutkan menawarkan produknya dari mulai Rp20 ribu hingga Rp50 ribu ke atas. Berawal banyak dipesan konsumen lokal, Cecep mengaku konsumen luar negeri pertama yakni dari Malaysia yang akhirnya merambah negara-negara lainnya.

“Kalau di lokal, kebanyakan dari Aceh, Medan, Sulawesi dan daerah Kalimantan Barat,” katanya saat ditemui di kediamannya di Kampung Gentur, Desa Jambudipa RT 4/6, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur.

Selain bisnis, Cecep pun selalu membina warga untuk bisa mahir memproduksi peci. Jika sudah mahir, ia pun menganjurkan membuat peci di rumahnya sendiri.

“Sekarang saya punya karyawan baru 9 orang. Tapi ada juga 11 orang yang sudah mahir, mereka sudah dianjurkan mengerjakannya sendiri di rumahnya masing-masing. Pokoknya ketika sudah ada yang mahir lagi, saya anjurkan dikerjakan di rumahnya sendiri, lalu saya ganti dengan karyawan baru lagi. Seterusnya seperti itu yang penting kerjaan beres,” pungkasnya.

Source http://www.sepertiini.com http://www.sepertiini.com/read/2014/12/7843/peci-menara-jaya-hinggap-di-kepala-konsumen-mancanegara.html
Comments
Loading...