Kerajinan Peci Resam Di Bangka Barat

0 234

Kerajinan Peci Resam Di Bangka Barat

Peci resam, merupakan kerajinan tangan khas dari Provinsi Bangka-Belitung (Babel) yang diwariskan secara turun temurun. Peminatnya pun tidak hanya penduduk lokal namun juga pelancong domestik hingga mancanegara.

Hal tersebut disampaikan Samsudin, salah seorang pedagang keliling Kopiah Resam, asal Paya Air Bulin Kecamatan Kelapa, Babar saat ditemui RB disela-sela dia menjajakan Kopiah Resam di lingkungan Pemkab Bateng.

Kopiah Resam ini kata Samsudin, terbuat dari anyaman akar resam atau sejenis tanaman pakis dengan kesulitan tersendiri kemudian dilakukan pewarnaan dengan disamak. Semakin, rumit dan halus anyaman maka semakin tinggi pula harga jualnya.

“Peci Resam khas Pulau Bangka ini, dijual mulai dari harga Rp80ribu, Rp120ribu, Rp200ribu, Rp250ribu, hingga Rp2juta perpecinya. Semakin mahal harganya, semakin halus dan lentur bahannya,”ujar Samsudin.

Menurut Samsudin, kerajian tangan Peci Resam ini terdapat di setiap diantaranya Kabupaten Bangka-Tengah (Bateng), dan Bangka-Barat (Babar), dan masing-masing Peci Resam antara Kabupaten se-Bangka ini memiliki ciri khasnya keunikan asing-masing, misalkan antara Peci Resam asal Bateng yang bentuknya dominan melancip di depan dan belakangnya. Sedangkan Peci Resam asal Babar, lebih condong ke bentuk bulat dan tidak terkesan melancip. Sedangkan pengerjaan satu Peci Resam sendiri, mulai dari 3 hari sampai dengan 2-3 bulan untuk Peci yang berharga Rp 2 juta.

“Berdagang keliling Peci Resam ini merupakan usaha sampingan yang cukup menjanjikan dan dapat menambah penghasilan, terkadang kalau lagi hoki bisa 10 bahkan bisa belasan, laku terjual untuk Peci yang berharga Rp80ribu-Rp250ribu. Sedangkan untuk peci berharga Rp 600 ribu hingga Rp2 juta, harus dipesan terlebih dahulu, karena pengerjaannya yang cukup lama dan harus diukur terlebih dahulu lingkar kepala calon pemakainya, sehingga pembeli tidak kecewa dan merasa puas,” terangnya, seraya mempromosikan untuk pemesanan dapat menghubunginya melalui kontak hp 085381490292.

Berdasarkan pengakuan para pembeli ketertarikan mereka dengan Peci Resam yang dibuat secara home industri ini bisa menjadi souvenir, nyaman dan enak dipakai, tahan lama, awet.

“Selama ini Alhamdulillah pembeli merasa puas, dan melalui usaha sambilan ini bisa menunjang perekonomian keluarga, sembari melestarikan kerajinan tangan khas pulau Bangka, yakni Peci Resam, agar tidak punah eksistensinya,” tukasnya, seraya mengatakan bahwa selain peci juga dikembangkan topi pantai resam dan lainnya.

Source http://www.radarbangka.co.id http://www.radarbangka.co.id/berita/detail/koba/20307/peci-resam-semakin-diminati.html
Comments
Loading...