Kerajinan Pelepah Pisang Di Sumberjambe

0 44

Kerajinan Pelepah Pisang Di Sumberjambe

Kecamatan Sumberjambe adalah salah satu Kecamatan di Kabupaten Jember yang secara geografis merupakan dataran tinggi dengan ketinggian wilayah 446 mdpl sampai dengan 625 mdpl dan terletak 35 Km sebelah utara kota Jember.

Berbagai potensi sumberdaya ekonomi banyak terdapat di Kecamatan Sumberjambe, namun tidak semua potensi yang ada merupakan potensi unggulan yang dalam pengelolaan dan pemanfaatannya dapat mempercepat pembangunan ekonomi.

Dengan tingkat pendidikan yang rendah, (tamatan SD 25.186 dari total penduduk yang berjumlah 63.906; data tahun 2013), membuat penduduk Sumberjambe banyak berprofesi sebagai petani.
Kondisi ini membuat sebagian besar kaum perempuannya, memilih untuk bekerja sebagai asisten rumahtangga (TKW) di luar negeri.
Namun, sebagian perempuan lagi tetap membantu menopang ekonomi keluarga dengan memberdayakan dirinya dalam mengelola potensi yang ada.
Seperti beberapa kaum ibu yang bernaung di bawah Yayasan As Shifa. Mereka memperoleh pendidikan ketrampilan seperti membatik, membuat kerajinan dari pelepah pisang, jerami dan ketrampilan lainnya.
Saat ini, para ibu ini sedang fokus dalam mengolah kerajinan dari pelepah pisang dan jerami. Dengan sistim kemitraan, para ibu ini bisa menghasilkan tiga puluh ribu hingga seratus ribu dalam sehari. Penghasilan ini bergantung pada permintaan yang datang.
Ada pun kerajinan yang dihasilkan seperti tempat tisyu, relief kaligrafi, dan berbagai jenis kerajinan lainnya.
Meski secara ekonomi penghasilannya tidak banyak, namun mereka tetap bekerja dengan senang hati.
“Kami memang tak punya penghasilan banyak seperti mereka yang berangkat ke luar negeri. Tapi kami tetap senang bisa membantu keluarga untuk memenuhi beberapa kebutuhan,” kata Angraeni salah satu pengrajin.
Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=2702
Comments
Loading...