Kerajinan Pelepah Pisang Karya Alumni SMA Di Sukabumi

0 130

Kerajinan Pelepah Pisang Karya Alumni SMA Di Sukabumi

Keterampilan Dagus atau yang akrab disapa Odaw, dalam membuat kerajinan tangan dari pelepah pisang patut diacungi jempol. Pelepah pisang yang bagi sebagian orang tidak berguna itu, di tangannya berubah menjadi berbagai bentuk souvenir seperti motor Vespa, mobil antik, motor gede, perahu nelayan, sampai lampu lampion.

Bahkan, pajangan bentuk Vespa sempat dijual ke Italia, setelah melihat hasil karyanya diunggah di akun media sosial miliknya dan menjadi viral. “Sama sekali tidak menyangka ada peminat dari luar negeri yang langsung pesan hasil karya saya, mereka tahu dari media sosial. Lumayan orang Italia itu mengganti waktu pengerjaan satu buah pajangan Vespa seharga 34 Dolar AS,” kata Dagus.

Alumni SMA 3 Kota Sukabumi ini terharu bukan kepalang. Bagaimana tidak, warga Italia yang memesan hiasan Vespa yang terbuat dari pelepah dan gedebong pisang tersebut menjanjikan pasar yang luar biasa kepadanya. “Dua minggu lalu, orang Italia tersebut menjanjikan akan memasarkan di negaranya, dan kalaupun ada yang memesan lagi ia pasti menghubungi saya melalui medsos,” beber Dagus.

Tidak hanya itu, hasil karya seninya tersebut ikut dipamerkan di Pekan Raya Sukabumi di Jalan A Yani, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. Selama mengikuti pameran, buah tangan karya Dagus ini cukup memikat mata Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

“Kemarin pak Bupati ke sini, beliau menginginkan saya membuat suatu bentuk kerajinan dari pelepah pisang yang nantinya dijadikan khas Palabuhanratu,” ujarnya sambil berbinar bangga.

Dia berharap, ke depan hasil karyanya tersebut bisa membuahkan hasil yang optimal, bukan saja bermanfaat bagi perekonomian diri dan keluarganya, tetapi bisa memberdayakan pemuda yang ada di Palabuhanratu yang memiliki keinginan untuk berkarya.

“Saya akan terus berkreasi, baik untuk diri sendiri maupun untuk negara ini. Terutama yang paling dekat saya akan upayakan menjawab himbauan pak bupati untuk membuat karya khas Palabuhanratu,” pungkasnya.

Source https://sukabumiupdate.com https://sukabumiupdate.com/detail/sukabumi/14817-dagus-alumni-sma-3-kota-sukabumi-ubah-pelepah-pisang-jadi-uang
Comments
Loading...