Kerajinan Penjor Di Bali

0 298

Kerajinan Penjor Di Bali

Perayaan hari besar etnis Tionghoa dan umat Hindu sebentar lagi akan dirayakan di Bali. Jelang perayaan hari besar itu, sejumlah Penjor yang biasa hadir untuk menghiasi jalanan kota dan rumah-rumah warga, bahkan hotel. Etnis Tionghoa akan merayakan Imlek, sedangkan umat Hindu akan merayakan hari raya galungan.

Dengan adanya perayaan itu, sebagian masyarakat pun kebanjiran rejeki. Seperti halnya, pembuat atau pengrajin Penjor di kawasan‎ Jalan Kepundung No 57, DenpasarBali. Penjor merupakan simbol gunung yang memberikan keselamatan dan kesejahteraan, yang biasanya berbahan daun kelapa yang masih muda atau janur.

‎Penjual di salah satu jalan DenpasarBali ini pun penghasilannya meningkat hampir dua kali lipat. Pemilik Bale Bali Penjor dan Wedding Dekor, I Made Mangku Budiarta‎, mengatakan, jika hingga saat ini ‎ada sekitar 342 Penjor yang telah dipesan menjelang Galungandan Imlek. Pesanan itu hadir dari beberapa daerah di Bali, khususnya untuk kawasan Denpasar dan Badung.

“Pastinya meningkat hampir dua kali lipat dari hari-hari biasanya,” ujarnya

Dia menjelaskan, untuk yang dijual di gerainya itu, ialah Penjor dengan ukuran dari 7 meter hingga lebih. Meski tidak menyebut secara Lugas mengenai detil omztnya, namun dengan adanya pesanan yang meningkat, diakui Made apabila rejeki di Galungan dan Imlek bertambah.

“‎Untuk Imlek biasanya Penjor hias yang dipesan, khusus untuk di hotel-hotel. Kalau Galungan Penjor biasa saja, ada yang dari Janur dan Lontar,” ungkapnya.

Usaha yang sudah dibangun Made sejak Delapan tahun itu, selain sellau banjir pesanan di dua momen itu, juga biasanya akan banjir pesanan pada hari-hari besar umat Hindu lainnya, seperti hari Raya Purnama, Tumpek Wayang dan hari besar lainnya.

“Untuk pengiriman, kalau tidak terlalu jauh, maka tidak akan kami kenakan biaya. Tapi jika jauh dan lokasinya sulit dijangkau biasanya kami bebankan Rp 25 ribu sekaligus dnegan pemasangannya,” pungkasnya

Source http://www.tribunnews.com http://www.tribunnews.com/regional/2016/02/06/pengrajin-penjor-di-bali-banjir-order-jelang-imlek
Comments
Loading...