Kerajinan Perabotan Cantik Dari Kerang Di Jakarta

0 113

Kerajinan Perabotan Cantik Dari Kerang Di Jakarta

Perabotan cantik berwarna putih mengilap yang terbuat dari kerang menghiasi salah satu stan pameran KriyaNusa 2018 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Beberapa pengunjung yang didominasi ibu-ibu melirik wadah hingga lampu hias dari kulit kerang itu. Penjaga stan “Citra Handicraft” itu menghampiri pengunjung yang berminat dengan barang kerajinan kerang sambil terus promosi.

“Ayo silakan, ini semua terbuat dari kerang simping dan dara atau darah,” ujar penjaga stan, Atik.

Kerajinan kerang seperti lampu berukuran setengah badan orang dewasa seharga Rp2,5 juta menarik perhatian para pengunjung pameran yang berseliweran. Atik yang juga pegawai “Cici Handicraft”, mengaku banyak belajar selama bekerja dengan perajin kerang Cici Sri Sulastri.

Perajin kerang asal Banten itu, memulai usaha kerajinannya sejak 2009 karena membludaknya bahan baku kerang di sekitar tempat tinggalnya.

Proses pembuatan kerajinan barang dari kerang membutuhkan waktu beragam, tergantung tingkat kesulitan suatu produk ekonomi kreatif tersebut.

Misalnya, wadah sabun batang yang membutuhkan waktu tak lama sehingga produksi bisa mencapai sepuluh buah per hari. Cici memiliki 14 pekerja, terdiri atas empat pegawai tetap, sedangkan sisanya pekerja harian.

Atik mengungkapkan proses pengolahan kerang hingga menjadi produk kerajinan bernilai tinggi cukup sulit. Pembuatan produk kerajinan dimulai dari pencucian, penjemuran, pembakaran, hingga pengecatan.

Pekerja biasanya kesulitan saat membuat barang berbentuk cekung karena harus dirangkai satu demi satu kerang yang telah dipisahkan dari isinya. “Itu membutuhkan ekstra kesabaran karena harus dirangkai satu per satu kerangnya,” kata Atik.

Source https://today.line.me https://today.line.me/id/pc/article/Perabotan+cantik+dari+kerang+di+Kriyanusa-ZPppye
Comments
Loading...