Kerajinan Perahu Dari Pipa PVC Di Lamongan

0 252

Kerajinan Perahu Dari Pipa PVC Di Lamongan

Para pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Lamongan, harus siap menerima tantangan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), tak terkecuali bagi pengusaha kerajinan perahu tradisional. Meski sempat gulung tikar karena mahalnya harga kayu, kini pengrajin perahu mulai bangkkit, dengan beralih menggunakan bahan dasar pipa paralon PVC.

Usaha kerajinan perahu tradisional ini dapat dijumpai di Dusun Klayar Desa Jelak Catur Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Hanya saja, pengrajin perahu tidak lagi menggunakan kayu, melainkan beralih menggunakan pipa paralon PVC.
Dalam pembuatan perahu pipa paralon, tidak jauh berbeda dengan pembuatan perahu pada umumnya. Awalnya, pipa paralon dipotong sesuai ukuran, kemudian dirangkai menjadi perahu, dengan penguat baut serta lem. Pada tahap akhir, perahu yang sudah jadi kemudian dihaluskan untuk menghilangkan bekas lem serta bekas potongan.
Proses pengerjaan ini dilakukan oleh tiga hingga lima orang, satu perahu mampu diselesaikan selama 5 hari dengan kisaran harga mulai 6 hingga 13  juta rupiah, tergantung ukuran serta ketebalan pipa yang digunakan.
Masudin, salah satu pengrajin mengatakan, ide awal pembuatan perahu pipa paralon bermula semakin sulitnya mendapatkan kayu berukuran besar. Kini, usaha pembuatan perahu paralon sejak 2009 silam semakin diminati masyarakat. Selain hasilnya bagus dan lebih murah dari perahu kayu, perahu terbuat dari pipa paralon dapat bertahan dalam jangka waktu cukup lama. Inovasi perahu terbuat dari pipa paralon PVC ini, patut mendapat acungan jempol. Bahkan pengrajin kuwalahan menerima order, yang rata-rata pelanggannya merupakan petani.
Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=22453
Comments
Loading...