Kerajinan Perahu Fiberglass Di Probolinggo

0 356

Kerajinan Perahu Fiberglass Di Probolinggo

Seiring banyaknya pembalakan hutan liar ditambah langkanya kayu sebagai bahan baku membuat perahu berbahan dari kayu, berbagai macam jenis perahu berbahan fiberglass semakin banyak diminati nelayan di Jawa Timur bahkan luar Jawa.

Salah seorang perajin perahu fiberglass Ahmad Suyuti, warga Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih Probolinggo mengaku, selain mudah dalam hal perawatan, perahu berbahan baku fiberglass juga lebih tahan lama dan labil disegala cuaca esktrem di Indonesia.

Berbagai jenis perahu fiberglass pesanan para nelayan dari Jawa Timur dan juga dari berbagai daerah di Indonesia, terlihat berjajar di rumah produksi perahu fiberglass Makmur Jaya.

Perahu berbahan baku fiberglass atau serat kaca silika mirip plastik namun lebih kuat dan ringan. Memang, tidak mudah membuat perahu berbahan baku fiberglass karena butuh keahlian dan keterampilan khusus.


Tahapan produksi mulai membuat mal sampai alat untuk mencetak, membuat tulangan hingga pemasangan mesin. Namun menurut Rudi, salah seorang pekerja mengaku kesulitan dalam membuat perahu fiberglass adalah pada saat pencetakan perahu.

“Saya juga banyak menerima pesanan perahu wisata dan perahu olah raga, seperti speed boat dan jet ski,” kata Suyuti.

Dibantu 25 orang karyawannnya, Ahmad Suyuti mampu memproduksi paling banyak 6 unit perahu setiap harinya.
Harga satu unit perahu cukup beragam. Mulai Rp 5 juta hingga Rp 300 juta tergantung jenis dan besar perahu. Para pemesan berasal dari berbagai daerah yang memiliki wilayah bahari atau perairan yang mayoritas warganya nelayan.

Suyuti mengaku usaha yang telah ditekuninya selama 12 tahun sudah mengalami kemajuan drastis. Usaha yang ditekuni memperoleh omzet ratusan juta per bulan. Dia pun telah banyak memperoleh penghargaan dari pemerintah sebagai perajin yang mampu mengembangkan usaha tepat guna, yang mampu buka peluang kerja bagi warga sekitar yang mayoritas penggangguran.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-2372100/pengrajin-perahu-fiberglass-beromzet-ratusan-juta-perbulan?_ga=2.136467570.31111911.1524099710-2015879252.1524099710
Comments
Loading...