Kerajinan Perak Karangasem Rambah 4 Negara

0 191

Kerajinan Perak Karangasem Rambah 4 Negara

Pemasaran kerajinan perak di Kabupaten Karangasem, Bali, merambah Amerika, China, Australia, dan Jerman. Selain diekspor ke berbagai negara itu, kata Perajin Perak asal Budakeling, Bebandem, I Wayan Astawa. para perajin perak Karangasem juga mulai didatangi pembeli dari wisatawan asing.

Ia menjelaskan, kondisi tingkat kunjungan itu mesti dipertahankan agar pemasaran perak di Kabupaten Karangasem stabil. “Mudah-mudahan kunjungan wisatawan ke ke Bali Timur terus mengalami peningkatan, sehingga para perajin perak disini bisa berkembang pesat seperti Celuk, Sukawati, Gianyar,” katanya.

Desain kerajinan perak yang dijual, kata Astawa, dijamin beda dengan hasil kerajinan perak lainnya di Bali. “Hasil kerajinan perak di Karangasem di desain khusus oleh perajin itu sendiri, sehingga memiliki keunikan tersendiri.”

Ia menambahkan saat ini pihaknya masih optimis hasil kerajinan perak Karangasem akan tetap eksis. Namun untuk mempertahankan pemasaran yang stabil itu, para perajin tak bisa bekerja sendiri.

Selain pembinaan, lanjut Astawa, pihaknya juga berharap pihak pemerintah Kabupaten Karangasem secara kontinyu mengikuti dan meyelenggarakan pameran di luar Bali atau Mancanegera, sehingga kerajinan perak asal Kabupaten yang dijuluk Bumi Lahar ini bisa terus berkembang.

Source Kerajinan Perak Karangasem Rambah 4 Negara Kerajinan Perak Karangasem Rambah 4 Negara
Comments
Loading...