Kerajinan Perhiasan Kebaya Di Solo

0 172

Kerajinan Perhiasan Kebaya

Beberapa tahun terakhir, penggunaan kebaya kembali menjadi tren seiring meningkatnya pamor kain batik sebagai kekayaan budaya asli Indonesia. Namun, agar paduan tersebut lebih elok lagi, biasanya kaum hawa mengenakan berbagai aksesori pendukung. Beberapa aksesori yang kerap digunakan seperti bros, giwang, kalung dan gelang.

Kondisi inilah yang membuat peluang bisnis kerajinan aksesori perhiasan untuk kebaya makin bersinar. Aziz Bakhtiar, seorang perajin perhiasan untuk kebaya dari Solo, Jawa Tengah, mengungkapkan, beberapa tahun terakhir ini permintaan aksesori kebaya terus meningkat. Pria ini sudah menekuni usaha pembuatan perhiasan kebaya sejak tiga tahun lalu. Dengan bahan baku tembaga dan kuningan, dia menciptakan berbagai perhiasan dengan sepuhan perak dan emas.

Awalnya Aziz menyasar kalangan menengah untuk produk perhiasan kebayanya. Sebulan, dia mampu memproduksi 5.000 unit perhiasan. Namun, lantaran pesaingnya makin banyak dan kerap terjadi penjiplakan model, dia mengubah pangsa pasar untuk masyarakat atas.

Otomatis, Azis harus menyesuaikan desain perhiasan dengan model kebaya yang lebih eksklusif, agar bisa diterima pasar kelas atas. Meski, kapasitas produksinya tak lagi sampai 5.000 unit sebulan, peluang pasarnya lebih besar ketimbang pasar di kalangan menengah.

Inspirasi desain perhiasan kebayanya datang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain dari Jawa, Aziz membuat perhiasan kebaya khas Aceh, Lombok, hingga Sulawesi. Harga jualnya berkisar Rp 100.000 – Rp 2 juta per potong.

Source Kerajinan Perhiasan Kebaya Di Solo Kerajinan Perhiasan Kebaya Di Solo
Comments
Loading...