Kerajinan Anyaman Bambu Di Purwakarta

0 320

Kerajinan Anyaman Bambu

Desa Waringin Karya adalah sebuah desa yang berada di wilayah kecamatan Lemah Abang kabupaten Karawang. Kurang lebih 15 km dari pusat kota Karawang. Di desa ini banyak di jumpai para pengrajin anyaman bambu, khususnya pengrajin anyaman bambu kasar. Pengrajin anyaman bambu kasar misalnya yang membuat anyaman bilik, topi petani, nampah, pengki dan lainnya. Pengrajin anyaman bambu ini masih banyak sampai sekarang. Ciri anyamannya menggunakan lembaran bambu yang lebar-lebar.

Sementara itu ada juga pengrajin anyaman bambu halus, yang menggunakan media anyaman bambu yang kecil atau ada juga sebesar lidi yang di anyam membentuk motif tertentu. Dengan anyaman bambu halus ini hasil anyaman lebih bervariasi lagi, misalnya membuat tempat tisu, packing produk, tempat parcel, tutup saji, kap lampu, tempat buah-buahan, bahkan bisa juga bilik bermotif dan masih banyak lagi. Hasil anyamannya terlihat lebih menarik, variatif dan eklusif.

“Dengan adanya pengrajin anyaman halus ini, kami berharap bisa mengangkat pengrajin anyaman bambu di desa Waringin Karya ini. Juga meningkatkan penghasilan mereka, karena harga hasil anyaman bisa lebih mahal daripada anyaman kasar dengan bahan yang lebih sedikit”, terang Pak Udin Supriatna sebagai perajin di desa ini.

Source Kerajinan Anyaman Bambu Di Purwakarta Kerajinan Anyaman Bambu Di Purwakarta
Comments
Loading...