Kerajinan Pernak Pernik Dari Kepompong Di Singaraja

0 257

Kerajinan Pernak Pernik Dari Kepompong Di Singaraja

Saat ni, ulat menjadi momok bagi sebagian warga di Indonesia. Namun di tangan seorang pengrajin di Denpasar. kepompong ulat bisa diubah menjadi beragam pernik perhiasan yang cantik yang bahkan sudah dikenal di mancanegara.

Di tangan Putu Swandewi, wanita kelahiran Singaraja, Bali, 33 tahun silam, kepompong ulat bisa diubah menjadi beragam pernak-pernik perhiasan nan cantik. Hasil kerajinanNya kini sudah banyak dipasarkan di Bali dan luar negeri.

Kerajinan kepompong ulat pertama kali ditekuni Putu Swandewi saat seorang wisatawan memesan perhiasan yang terbuat dari bahan dasar kepompong ulat untuk dipasarkan ke Jepang.

Memang, tidak semua kepompong ulat bisa digunakan sebagai bahan dasar kerajinan. Beberapa di antaranya adalah hasil budidaya petani di beberapa daerah di Bali dan Jawa. Salah satunya kepompong berwarna putih yang dihasilkan dari metamorfosa kupu-kupu tertentu saja. Ketersediaan bahan baku pun sangat tergantung pada musim.

Kepompong yang sudah dibersihkan jika dirangkai sedemikian rupa akan menghasilkan beraneka ragam pernak-pernik, salah satunya bunga melati berwarna putih. Ada juga jenis kepompong lain yang bisa memberikan efek warna beragam, seperti keemasan, perak, dan merah. Selain memberikan efek warna dan bentuk yang sangat menarik, perhiasan berbahan kepompong ulat ini lebih kuat dan tahan lama, serta warnanya tidak akan pudar.

Tidak hanya bunga, rangkaian kepompong ulat juga bisa menjadi perhiasan lain, seperti bros bunga, jepit rambut, rangkaian vas bunga, bahkan topi kepompong emas yang memberikan kesan mewah bagi pemakainya.

Hasil karya kepompong ulat dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp15 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis, ukuran, keindahannya.

Source https://lifestyle.okezone.com https://lifestyle.okezone.com/read/2011/04/13/29/445603/sulap-kepompong-ulat-jadi-pernak-pernik
Comments
Loading...