Kerajinan Pernak Pernik Lebaran Di Kota Siantar

0 180

Kerajinan Pernak Pernik Lebaran Di Kota Siantar

Meskipun Hari Raya Idul Fitri 1439 H masih satu bulan lagi, pengrajin pernak pernik lebaran yang dibuat dari barang bekas mulai “banjir” pesanan.

Zulkarnain Toreh salah satu pengrajin menyatakan pembuatan pernak pernik lebaran sudah ditekuni nya sejak 12 tahun yang lalu dan sudah memiliki lima orang pekerja. Barang barang bekas yang dijadikannya bahan dasar pembuatan pernak pernik lebaran yakni botol, karton, kaleng, pipa air dan lainnya kemudian dijadikannya menjadi hiasan seperti ketupat, tempat tisu, hiasan dinding beduk dan berbagai macam hiasan lainnya.

Usaha pembuatan pernak pernik dari barang barang bekas tersebut tidak hanya saat memeriahkan Idul Fitri saja melainkan perayaan natal dan tahun baru. “Sudah 12 tahun ini saya membuka usaha kerajinan pernak pernik lebaran dari barang barang bekas. Dari semua jenis perhisan saya buat, bentuk beduk yang paling banyak diminati masyarakat”, katanya.

Dijelaskannya, hasil kerajinan tangannya itu tidak hanya diminati masyarakat dan penjual eceran dari Kota Siantar saja melainkan juga dari luar kota seperti Pekan Baru, Aceh, Sibolga, Samosir, Medan dan Rantau Prapat. Harga penjualan hasil pernak pernik tersebut bervariasi yakni mulai harga ribuan rupiah hingga Jutaaan Rupiah.

“Pembeli hasil kerajinan tangan saya ini tidak hanya saja dari Kota Siantar saja tetapi juga dari luar Kota Siantar karena harganya masih terjangkau yakni mulai harga Rp5 ribu hingga Rp1,5 juta”, jelasnya.

Tidak itu saja, hasil kerajinan tangannya tersebut juga diminati tingkat perkantoran, perusahaan hingga pusat perbelanjaan modern seperti plaza. Biasanya, pesanan akan lebih meningkat sekitar dua minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Pria kerap dipanggil Pak Zul itu menegaskan, penghasilan yang akan diperolehnya dari hasil penjualan pernak pernik lebaran tahun 2018 akan lebih banyak bila dibandingkan perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 2017 yang lalu. Hal itu didasarnya satu bulan sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri sudah banyak pesanan pernak pernik datang ketempat usahanya tersebut.

Source http://restorasidaily.com http://restorasidaily.com/2018/05/18/pengrajin-pernak-pernik-lebaran-dari-barang-bekas-mulai-banjir-pesanan/
Comments
Loading...