Kerajinan Peti Dari Rotan Di Sukoharjo

0 135

Kerajinan Peti Dari Rotan Di Sukoharjo

Seorang pengusaha dari Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah punya bisnis yang unik. Dia membuat peti mati, tapi bukan dari kayu. Melainkan dari bahan rotan. Enggak tanggung-tanggung, bisnis yang dijalani Natia Ningsih ini sudah dipasarkan sampai Eropa loh, khususnya ke Inggris dan Belanda.

Bisnis peti mati dari rotan ini sudah dijalankan sejak tahun 2003. Bahan rotan dipilih karena lebih ramah lingkungan. “Peti mati di sana kan buat dikremasi. Jadi rotan lebih gampang terbakar. Terus pembuatannya enggak pakai paku jadi lebih ramah lingkungan,” kata Natia.

Selain rotan, peti mati ini juga menggunakan anyaman dari daun pandan dan pelepah pisang. Sementara bagian alasnya berupa kayu yang ditempel memakai lem khusus. Desain dan bahan baku yang unik membuat peti mati ini lebih mahal dari peti mati kayu.

Satu buah peti mati dari rotan dibanderol seharga Rp1 juta-Rp3 juta. Tergantung kerumitan desain dan ukurannya. Sementara peti kayu biasanya dijual seharga Rp700 ribu. Untuk membuat satu peti mati rotan, perajin butuh waktu sekitar tiga hari. Sementara dalam sebulan, usaha Natia dapat memproduksi sekitar 375 buah peti mati.

Source https://netz.id https://netz.id/news/2018/05/04/00316/1006030518/peti-mati-dari-rotan-buatan-sukoharjo-laku-sampai-ke-eropa
Comments
Loading...