Kerajinan Pigura Gitar Di Bandung

0 200

Kerajinan Pigura Gitar Di Bandung

Herdian, salah satu pengusaha sukses asal Bandung itu lahir dari keluarga sederhana. Namun berkat kegigihannya bekerja, kini dia bisa mereguk sukses sebagai seorang pengusaha pigura jam gitar dan miniatur gitar di kota Lembang, Bandung Barat. Sejak lulus SMA, dirinya memang tidak berniat untuk bekerja di perusahaan dan merantau. Dia mengaku iba melihat masyarakat kampung halamannya di Lembang rata-rata menganggur.

Herdian mulai membuat pigura dan miniatur gitar, dimana bahannya didapatkan dari limbah kayu mahoni, dalam sebulannya dibutuhkan sekitar 1-2 ton limbah kayu mahoni untuk memproduksi 300-500 picts piguran jam gitar dan 2.000 miniatur gitar.

Herdian mulai bisnis dengan modal Rp 50 juta yang didapatkan dari tabungan, namun dengan kegigihan dalam menjalani usahanya, kini Herdian mampu mempekerjakan 12 karyawan. “Kami produksinya di Lembang Bandung, kalau untuk gallerinya di Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu,” katanya.

Barang dagangnya ini pun banyak diminati oleh pembeli dari luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura. Maklum saja, harga yang dipatok terbilang juga murah sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 1,5 juta untuk miniatur gitar dan pigura jam gitar sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 1,5 juta.

Cara pemasaran Herdian pun sama seperti kompetitor lainnya, hanya saja produknya memiliki keunggulan sendiri dimana bisa memesan pigura jam gitar dan miniatur gitar dalam waktu singkat.

“Kami mengerjakan bisa dalam tiga hari, paling lama ya dua minggu, dengan minimum order Rp 5 juta,” ungkap dia.

Dengan dibantu pemerintah Jawa Barat kini usahanya pun mulai dilirik oleh pembeli mancangera terlebih galeri di taman wisata sehingga menjadi daya tarik sendiri. Rata-rata mereka membeli dengan tujuan untuk pajangan di sebuah bisnis seperti hotel dan restoran. Herdian berpesan kepada anak-anak muda agar jangan cepat menyerah menjadi pengusaha. Dia mengaku merintis usaha ini dengan perjuangan. “Usaha apapun harus dijalani asal tekun,” tutup dia.

Source https://www.merdeka.com https://www.merdeka.com/uang/pengusaha-lulusan-sma-ini-raup-rp-15-jutabulan-dari-pigura-gitar.html
Comments
Loading...