Kerajinan Pipa Bekas Di Tondano Selatan

0 268

Kerajinan Pipa Bekas Di Tondano Selatan

Sebenarnya, mencari nafkah yang halal bukanlah sebuah hal yang sulit, jika ada kemauan serta keahlian. Contohnya Rivaly Gerungan, seorang warga Tondano Selatan, Sulawesi Utara (Sulut).

Warga Tataran Satu, Lingkungan II, Tondano Selatan, Sulut ini berhasil ‘menyulap’ pipa PVC bekas menjadi beragama bentuk piala. Dirinya sama sekali tidak malu saat mencari pipa PVC bekas bahan bangunan yang sudah dibuang baik yang ada di tempat sampah atau selokan.

Tidak ada rasa gengsi sedikit pun bagi Rivaly. Dengan pipa PVC bekas, Rivaly menyalurkan bakat seninya sampai akhirnya berhasil seperti sekarang menghasilkan pundi-pundi halal.

Rivaly sempat menceritakan ide awal bisnis kerajinan-nya muncul saat ia sedang membakar sampah di depan rumah. Istrinya, Amel, kemudian coba memberikan ide yang bahannya dari corak pipa PVC yang dibakar di tempat sampah.

Tak menunggu lama, Rivaly langsung mendesain dan membuat karya dari bahan sisa pipa PVC bekas yang dibakar. Dan, jadilah produk pertamanya yaitu piala. Adapun, piala pertama yang dibuat berbentuk wajah anjing.

Seiring perjalanan waktu, Rivaly berhasil membuat para pembeli merasa puas dengan karya-karya-nya. Tak menunggu lama, pesanan pun mulai berdatangan dari berbagai komunitas, instansi pemerintah, perkantoran hingga rumah makan. Rivaly juga menerima pesanan sesuai keinginan klien.

Untuk masalah harga, tergantung dari tingkat kesulitan mencari pipa PVC plastik bekas dari tempat sampah maupun selokan. Namun terkadang, dirinya menjual tiga buah piala seharga Rp. 500 ribu.

Adapun produk selain piala, Rivaly juga meracik pipa PVC bekas menjadi sebuah meja, vas bunga, jam, dan lainnya. Semua karya seni buatan Rivaly ini laris terjual hanya melalui media sosial dan promosi dari mulut ke mulut.

Dengan hasil kerja kerasnya selama ini, Rivaly pun sukses meraup omzet sampai Rp 14,5 juta/bulan. Harapannya, Rivaly ingin karyanya bisa dipajang di meja kaca atau meja kantoran.

Source http://bonafidenews.id http://bonafidenews.id/pipa-pvc-bekas-disulap-jadi-pundi-pundi-rupiah/
Comments
Loading...