Kerajinan Pipa Rokok Di Pangandaran

0 527

Kerajinan Pipa Rokok Di Pangandaran

Rutinitas merokok di kalangan masyarakat tidak hanya terletak dari selera rasa rokok atau tembakau yang dinikmatinya saja. Dibalik itu, tersimpan tren dan gaya saat penikmat rokok dan tembakau menghisapnya dengan cara menggunakan pipa rokok atau cangklong tembakau.

Aki Oji, salah satu pengrajin pipa rokok dan cangklong tembakau asal Dusun Citembong, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran kini mulai dikenal di kalangan penikmat rokok dan tembakau. Karena talentanya yang mampu membuat berbagai pipa rokok dan cangklong tembakau.

Untuk harga, sebuah pipa rokok dan cangklong tembakau, Aki Oji biasa memasarkan dengan harga Rp20.000 – Rp50.000. Harga tersebut disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan bahan pipa rokok atau cangklong tembakau yang dia produksi.

“Terkadang saya juga menerima pesanan dari penikmat rokok untuk membuat pipa rokok atau cangklong tembakau dari bahan kayu yang mereka bawa sendiri,” ujarnya.

Bahan baku kayu yang sering digunakan oleh Aki Oji, untuk membuat pipa rokok dan cangklong tembakau biasanya kayu lokal yang memiliki kekuatan khusus.

“Saya memproduksi pipa rokok dan cangklong tembakau sebagian besar berbahan kayu kilalayu, kayu kopi, kayu jeruk, kayu sawo dan kayu katuk,” tuturnya.

Beberapa penikmat rokok yang datang memesan pipa roko dan cangklong tembakau ke Aki Oji mengaku, ada kenikmatan dan gaya tersendiri saat merokok menggunakan pipa rokok. Bahkan yang paling antik yaitu saat menghisap tembakau menggunakan cangklong.

“Cangklong tembakau yang saya produksi juga tidak kalah dengan produk cangklong lokal daerah lain, perbedaannya hanya di merek, labelnya saja,” katanya.

Source https://ruber.id https://ruber.id/berita-pipa-rokok-dan-cangklong-tembakau-pangandaran-mulai-diburu-konsumen.html
Comments
Loading...