Kerajinan Piring Lidi Di Jayapura

0 162

Kerajinan Piring Lidi Di Jayapura

Piring lidi buatan warga Skouw Sae, Kota Jayapura, Papua ternyata kualitasnya cukup bagus dibanding piring lidi buatan Bali.

“Kualitasnya terbaik. Bahannya sangat tahan, bahkan lebih tahan dari piring lidi buatan Bali,” kata Kepala Bidang Industri Dinas Perdagangan, Industri, dan Koperasi (Disperindakop) Kota Jayapura, Alfrida Pasolong.

Menurut Alfrida, memang di wilayah Skouw Sae, Kota Jayapura, Papua, banyak pohon kelapa, sehingga selain buahnya, lidi daunnya juga dimanfaatkan untuk membuat anyaman piring lidi.

Melihat potensi yang bisa dijadikan sumber perekonomian ini, Disperindakop Kota Jayapura mengajak warga di Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Papua, untuk membuat kerajinan tangan.

“Kerajinan tangan yang diolah masyarakat setempat adalah piring lidi yang bahannya dari daun kelapa yang dibuat per kelompok yang dibina sejak tahun 2015,” kata Alfrida.

Diakui Alfrida, saat ini piring yang terbuat dari anyaman lidi itu sudah dipasarkan dibeberapa koperasi dan outlet di Kota Jayapura, salah satunya dititipkan di Koperasi Skouw Sae.

“Piring lidi ini kami taruh di beberapa koperasi dan biasanya masyarakat yang berkunjung ke perbatasan mampir di koperasi kami membeli piring lidi itu,” katanya.

Selain di koperasi, kata Alfrida, juga ada yang dititpkan di koperasi milik Disperindakop Kota Jayapura, yakni di outlet IcHko yang bertempat di Bandara Sentani.

“Harga jualnya jika langsung dibeli di tempat produksinya, yang berukuran kecil Rp12.500 per buahnya. Sedangkan ukuran besar, Rp35.000 per buahnya,” jelas Alfrida.

Piring lidi ini, kata Alfrida, juga biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh bagi masyarakat keluar Papua. Bahkan ada juga dari luar negeri yang membelinya.

“Untuk tiap kali drop di outlet IcHko itu bisa mencapai 5 lusin. Untuk sementara ini piring habis. Sudah ada didatangkan lagi dari Skouw, tapi masih ada di Kantor Disperindakop,” kata Alfrida.

Source https://kabarpapua.co https://kabarpapua.co/keren-piring-lidi-buatan-warga-skouw-sae-kalahkan-buatan-bali/
Comments
Loading...