Kerajinan Pisau Hias Di Banyuwangi

0 291

Kerajinan Pisau Hias Di Banyuwangi

Kerajinan pisau hias juga menjadi pilihan yang menarik. Pasalnya, mengoleksi alat berkategori senjata tajam tergolong amat langka. Sebilah pisau berharga Rp 7.500,00 hingga juta rupiah, tersedia. Sekadar melihat atau ingin membeli, boleh-boleh saja. Sialakan ke Jl. Kartini, di Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, kawasan tengah kota.

Berbagai jenis dan motif pisau dipajang, di outlet Amphibius misalnya. Malah tidak hanya memproduksi pisau hias, namun juga pisau beneran, sejenis pisau komando untuk militer. Senjata tajam (sajam) jenis pisau lempar yang lazim digunakan Marinir, konon di pesan disini. Jenis lain, seperti samurai, pedang, kampak, badik, mandau, clurit, hingga pisau-pisau khas daerah seluruh Nusantara juga diproduksi di outlet ini.

“Sayangnya, membawa cinderamata jenis sajam amat rawan. Terkait dengan ketentuan undang-undang” komentar Aekanu Hariyono, Kasi Objek Wisata Dinas Pariwisata setempat. “Perlu dibuat kebijakan untuk melegalkan (dalam membawanya). Semacam surat Patr lah, ” imbuh mantan guru SD tersebut.

Proses pembuatan pisau hias khas Banyuwangi sangat sederhana. Keterampilan perajin setempat sudah teruji. Meski begitu bantuan alat bermesin mempercepat produktifitas mereka. Logam dari pegas (per) truk menjadi bahan dasar pisau-pisau cantik tersebut. Lempengan logam dipotong sesuai mal dengan pola yang diinginkan. Panas pembakaran dan cara tempa menentukan mutunya. Tidak retak dan tidak gampang patah. Standart kualitas ditentukan dari tebal-tipis, peksi (gagang pisau), blantikan (mata pisau), lobang, bentuk ornamen, dan cara tempa yang lazim disebut kentengan.

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2011/11/02/yang-khas-dari-banyuwangi-tudung-saji-dan-pisau-hias/
Comments
Loading...