Kerajinan Pohon Artifical Tiruan Di Ponorogo

0 96

Kerajinan Pohon Artifical Tiruan Di Ponorogo

Hiasan untuk rumah kini tidak harus selalu menggunakan tanaman hidup. Di Ponorogo ada salah satu perajin pembuat pohon artificial tiruan berbahan dasar limbah kayu jati. Pohon ini pun dinilai lebih tahan lama dan perawatannya mudah hanya dengan mengelap dengan kain jika terlihat kotor dan berdebu.

“Untuk satu batang pohon yang sudah jadi saya jual Rp 450 ribu, untuk sementara saya buatnya kalau ada pesanan, kalau tidak ada ya tidak buat, maklum terbentur modal,” jelasnya.

Sri Handayani warga Desa Crabak, Kecamatan Slahung, menekuni usaha ini sejak tahun 2013. Awalnya, ia bekerja di Kalimantan, sepulangnya habis masa kerja ia kebingungan mencari kegiatan yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Saking banyaknya limbah kayu jati di sekitar rumahnya, ia pun mulai berkreasi dengan menambah daun-daun dan buah dari plastik yang ia pesan dari Jakarta.

Menurutnya, usaha ini sebenarnya terbilang lancar dan sudah mulai banyak pesanan. Namun, karena keterbatasan modal, ia hanya mampu memproduksi beberapa pohon artificial saja.

“Kalau ada tambahan modal, saya bisa lebih banyak memproduksinya sekalian bikin pameran supaya lebih banyak yang pesan,” ujarnya.

Ibu satu orang anak ini menambahkan selain terbentur modal, ia juga terbentur pemasaran. Selama ini pesanan datang hanya dari pelanggannya yang sudah beli ke tempatnya.

“Kalau dari luar kota saat ini belum ada, karena untuk mengirim pot dan pohon artificialnya lumayan berat,” tandasnya.

Saat ini, Sri Handayani dibantu lima orang karyawannya dan hanya memenuhi pesanan untuk wilayah Ponorogo saja. Untuk modal awal, ia mengaku, menghabiskan dana Rp 20 juta. Dana itu digunakan untuk membeli batang jati yang tidak terpakai serta daun dan buah dari plastik.

“Saya bisa membuat pohon artificial macam-macam, seperti jambu, anggur, apel, bambu dan sakura, yang paling banyak laku sakura itu,” cakapnya.

Meski sudah hampir empat tahun berjalan, ia hanya mengikuti even yang ada di Ponorogo, saat Grebeg Suro atau saat bulan puasa di Alun-alun Ponorogo.

Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2017/01/perajin-pohon-artificial-tiruan-di-ponorogo-inginkan-bantuan-modal.html
Comments
Loading...