Kerajinan Pohon Natal Dari Barang Bekas Di Lamongan

0 157

Kerajinan Pohon Natal Dari Barang Bekas Di Lamongan

Merayakan Hari Natal tidak harus dengan pernik-pernik nan mahal dan menguras kantong. Namun, dengan ide yang memadai, pernik Natal bisa diperoleh dengan murah dan ramah lingkungan. Ini seperti dilakukan kelompok Yakubus dari GKJW Desa Balun, Kecamatan Turi Lamongan.

Di gereja yang terletak di desa yang di juluki desa Pancasila ini, mereka membuat pohon Natal bukan dari pohon cemara, padahal biasanya pohon Natal terbuat dari pohon cemara. Namun, pohon Natal yang satu ini terbuat dari bahan-bahan bekas yang berupa bekas botol air mineral dan sendok plastik.

Nasikin mengatakan, pernak-pernik Natal berupa sendok plastik bekas ini, pertama kali muncul lantaran di seputar rumahnya yang dekat dengan Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan (RSML) cukup banyak sendok bekas pasien RS. “Kita lihat di sekitar kita banyak sendok yang dibuang habis dibuat makan, kita buat pohon Natal dari bahan tersebut,” akunya.

Pria yang berasal dari kelompok Yakubus ini menjelaskan, sendok plastik bekas tersebut selanjutnya di bersihkan, untuk selanjutnya di cat hijau, layaknya dedaunan. “Kita kerja kelompok setiap satu mingguan,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung Nasikin, sendok-sendok itu dirangkai melingkar, sehingga bentuknya mengerucut menyerupai pohon cemara. “Kita ada waktu luang ya kita kerjakan, jadi tidak tiap hari kita kerjakan, kita berkumpul lalu kita kerjakan,” bebernya.

Lebih Nasikin menuturkan, untuk menyusun pohon natal unik ini kurang lebih membutuhkan sebanyak 300 buah sendok. “Itu terbuat dari 300-an sendok bekas,” ungkap Nasikin. Sendok sebanyak itu, untuk membuat pohon Natal berketinggian 2 meter.

Untuk melengkapi dekorasi pohon Natal, kelompok Yakubus menambah ornamen pernik-pernik lainbya, seperti bola kecil, dan melingkarkan kertas berwarna-warni. Filosofi pohon Natal ini, menunjukkan kesederhanaan kandungan makna pohon Natal sebagai persembahan umat Kristiani dalam suka cita kelahiran Yesus Kristus di dunia. Yesus yang diyakini umat Kristiani sebagai pembebas manusia dari dosa.

Di gereja ini tak hanya ada satu pohon Natal dari sendok bekas, namun ada juga pohon Natal yang di buat dengan berbahan botol bekas tempat air minum dalam kemasan atau kerap disebut air mineral.

Pohon natal hasil kreativitas ini kini berdiri kokoh, indah, sekaligus unik di halaman GKJW Desa Balun. Tak heran, para umat Kristiani meluangkan waktunya untuk foto selfie di bawah pohon Natal yang terbuat dari bahan bekas setinggi sekitar dua meter tersebut.

Pohon Natal ini akan terlihat jauh lebih indah, pohon Natal karya mereka ini juga dipenuhi lampu hias, sebagaimana pohon Natal yang dijual di toko atau perajin pohon Natal.

Source https://www.jatimtimes.com https://www.jatimtimes.com/baca/131476/20151223/184300/unik-pohon-natal-dari-bahan-bekas-di-gkjw-balun-lamongan/
Comments
Loading...