Kerajinan Pohon Natal Dari Botol Bekas Di Ngawi

0 112

Kerajinan Pohon Natal Dari Botol Bekas Di Ngawi

Menghias gereja dengan beragam pernak-pernik natal menjadi tradisi yang dilakukan menjelang perayaan hari raya natal, tak terkecuali di Kabupaten Ngawi. Dengan filosofi kesederhanaan, dekorasi Gereja Katolik Santo Yosef dibuat dari ribuan botol bekas, yang disumbang jemaatnya.

Jemaat Gereja Katolik Santo Yosef sedang sibuk membuat pohon natal. Uniknya pohon natal dibuat dari berbagai jenis botol bekas. Satu persatu botol bekas dipotong dan digunting serta dilem, menjadi berbagai ornamen cantik. Untuk mempercepat waktu, mulai dari anak anak, remaja hingga orang dewasa dilibatkan dalam pengerjaannya.

Bahan yang telah dibentuk kemudian dirakit menjadi satu dengan rangkanya. Untuk pencahayaan ditengahnya diberikan lampu dari LED. Botol bekas yang biasanya menjadi sampah, kemudian dibentuk menjadi pohon natal. Sebagian botol dirakit dalam kondisi utuh.

Sedangkan ornamennya mulai dari daun hingga bintang, dibuat dari potongan dan guntingan botol. Kesulitan pembuatannya, saat merekatkan dan merakit ratusan botol.

Setelah jadi, pohon natal dibawa ke dalam Paroki Santo Yosef. Selain pohon natal, kandang natal juga dibuat dari botol bekas. Dengan penataan yang artistic, dekorasi natal dari botol bekas tak kalah dengan dekorasi dari bahan lain.

Kandang natal sebagai refleksi kelahiran Yesus Kristus, yang lahir dalam dimensi kesederhanaan dan kemiskinan. Pembuatannya membutuhkan sekitar 3000 botol bekas, yang dikumpulkan dari para jemaat Paroki Santo Yosef.

Untuk menambah semarak perayaan natal, berbagai bunga indah dari botol bekas juga menghiasi halaman Paroki Santo Yosef. Dekorasi murah dan ramah lingkungan ini merupakan wujud meneladani kesederhanaan Yesus Kristus

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=38699&&top=1&&ktg=J%20Mataraman&&keyrbk=Peristiwa&&keyjdl=natalan
Comments
Loading...