Kerajinan Pohon Natal Dari Karung Goni Di Bandung

0 141

Kerajinan Pohon Natal Dari Karung Goni Di Bandung

Siapa yang menyangka karung goni yang biasa digunakan untuk menampung produk pertanian bisa diubah menjadi karya seni bernilai jual tinggi. Melalui tangan kreatif Hadi Rahmat (43) dan ayahnya Irman Rahman (67) tumpukan karung goni bekas mereka sulap menjadi berbagai bentuk. Salah satunya pohon natal.

Saat detikcom menyambangi kediaman anak dan bapak tersebut, di Jalan Setiabudhi, Kota Bandung keduanya nampak tengah asik merangkai karung goni menjadi pohon natal. Di temani sejuknya suasana Kota Bandung keduanya begitu terampil merangkai karung goni yang usang menjadi karya seni yang indah.

Dalam pembuatan pohon natal karung goni, tidak banyak bahan yang mereka gunakan. Bahan baku utamanya adalah karung goni bekas, kemudian lem sebagai perekat, gunting, obeng dan lampu warna warni untuk menambah keindahan pohon natal yang mereka buat.

Hadi Rahmat mengungkapkan ide awal membuat pohon natal berbahan goni ini ketika melihat rekannya menghias pohon cemara untuk perayaan Natal. Saat itu dia terbersit ide untuk membuat pohon Natal dengan material lain yaitu dengan karung goni.

“Ide pertama tuh saat lagi bantu teman buat pohon Natal. Umumnya kan (pohon Natal) dibuat dari pohon cemara. Kenapa enggak dibuat dari bentuk lain. Dari situ awalnya, terus saya coba buat dari goni,” kata Rahmat.

Setelah berhasil merangkai untaian benang bekas karung goni menjadi pohon, lanjut Rahmat, dia menambah hiasan berupa lampu. Tanpa disadari hasilnya cukup bagus dan indah layaknya pohon natal.

“Saya bentuk jadi pohon terus dikasih lampu, kok bentuknya bisa dijadikan pohon natal juga,” ucap Rahmat.

Dibantu ayahnya, Rahmat mengaku bisa membuat pohon dengan berbagai ukuran. Mulai dari ukuran setinggi kurang lebih 40 centimeter dan ukuran lainnya tergantung permintaan. Untuk satu pohon berukuran 40 centimeter dikerjakan selama 6-10 hari.

Saat ini, dia mengaku belum memproduksi pohon natal berbahan goni buatannya secara massal. Tapi dia mempersilahkan bila ada orang yang berminat untuk membeli atau memesan karya seni buatannya tersebut.

“Saat ini enggak dibuat secara massal. Dibuat by order saja. Untuk harga pohon berukuran 40 sentimeter harganya Rp1 juta. Karena proses pembuatannya cukup lama,” tandasnya.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3776716/unik-ada-pohon-natal-mini-dari-karung-goni-di-bandung
Comments
Loading...