Kerajinan Pohon Natal Dari Limbah Kayu Jati

0 218

Pohon Natal terbuat dari bahan plastik dan sejenisnya. Namun pohon Natal yang satu ini dibuat dari limbah batang dan akar pohon jati. Kerajinan ini bisa dijumpai di usaha kerajinan di Jalan Raya Ngawi-Solo, Dusun Ngubalan, Desa Banjarbanggi, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Di tempat ini, batang dan akar jati yang tidak terpakai dimanfaatkan dan dibentuk sedemikian rupa menjadi replika pohon cemara yang jadi lambang perayaan Hari Natal. Replika pohon cemara ini ada beberapa bagian mulai dari dasar atau kaki penyangga, batang, hingga daun.

“Bagian-bagian itu dibuat dari potongan kayu dan akar jati, menyesuaikan bentuknya,” ujar pengusaha kerajinan kayu UD Java Alam Esa, Somo Midi.

Setelah lengkap, seluruh potongan dirangkai dan disambung dengan paku dan diperkuat lem kayu. Potongan-potongan dirangkai hingga menjadi replika pohon cemara yang mengerucut di puncaknya.

Produk pohon Natal dari kayu dan akar jati ini sudah dipasarkan di dalam negeri dan bahkan diekspor ke Eropa. Selain dipasarkan di Ngawi dan Madiun, pihaknya juga bekerja sama dengan distributor di beberapa kota, seperti Jepara, Yogyakarta, dan Bali. Bahkan oleh distributor di Jepara, produknya diekspor ke Belanda dan Prancis.

Permintaan selalu meningkat menjelang perayaan Natal tiap tahunnya. Bahkan, dalam bulan Desember ini, sudah dipasarkan 200-250 buah pohon yang diekspor ke Prancis dengan omzet Rp 22 juta.

Source Kerajinan Pohon Natal Dari Limbah Kayu Jati Pohon Natal dari Limbah Kayu dan Akar Jati
Comments
Loading...