Kerajinan Pohon Natal Karya Siswa SD Di Tabanan

0 139

Kerajinan Pohon Natal Karya Siswa SD Di Tabanan

Kreatifitas siswa SDN 1 Mambang, Kabupaten Tabanan bisa dibilang tak ada matinya. Setelah membuat Gapura dan Perahu dari limbah botol plastik, kini mereka kembali mengasah kreatifitas dengan membuat Pohon Natal dari limbah botol plastik setinggi 7 meter. Seperti apa?

Pohon Natal karya siswa-siswi SDN 1 Mambang, Kabupaten Tabanan tidak kalah menakjubkan dengan pohon-pohon natal pada umumnya. Memang selama ini, siswa SDN 1 Mambang sudah terkenal dalam memanfaatkan sampah plastik dengan membentuk komunitas Gerakan Anak Peduli Sampah Plastik (Gapsap) dibawah bimbingan Guru Pembina mereka, I Wayan Budi Susila. 

Menurut Budi Susila, pohon Natal itu dibuat sebagai wujud penghormatan dan simbul toleransi kepada umat Kristen yang sedang merayakan hari Natal. Dan tak lain untuk membuat lingkungan terbebas dari sampah plastik dan memanfaatkan menjadi hal yang bermanfaat. “Hal ini merupakan bentuk toleransi terhadap saudara kita yang merayakan Natal. Dan kami gunakan juga sebagai background foto ucapan selamat Natal dan Tahun Baru yang akan dipajang di depan sekolah,” ungkapnya.

Ditambahkan, pohon Natal setinggi 7 meter dengan diameter 3 meter pada bagian bawah pohon itu dikerjakan 2 minggu. Pengerjaan pohon Natal ini melibatkan siswa kelas V dan VI lewat komunitas GAPSAP. Dimana untuk menyelesaikan pohon Natal itu pihaknya menghabiskan 2.500 botol plastik.

“Kebetulan kami juga dibantu salah satu perusahaan minuman yang mau menyumbangkan botol bekas ke sekolah kami,” lanjutnya.

Menurutnya, proses pengerjaan pohon Natal tersebut tidaklah begitu sulit, karena siswanya sudah terbiasa membuat kerajinan dari botol plastik. Dan sebelum menata botol plastik mereka terlebih dahulu membuat kerangka pohon kemudian barulah botol plastik diikat dengan tali dan dililitkan pada kerangka. Memang sempat ditemui  kendala yakni pembuatan terpaksa dibagi menjadi dua dan kemudian dirangkai.

Kini pohon Natal dipajang di sekolah SDN 1 Mambang dikumpulkan dengan kerajinan yang sudah dibuat sebelumnya. 

Source https://baliexpress.jawapos.com https://baliexpress.jawapos.com/read/2017/12/26/35868/sdn1-mambang-bikin-pohon-natal-dari-sampah-plastik-tingginya-7-meter
Comments
Loading...