Kerajinan Pot Bunga Di Bombana

0 275

Kerajinan Pot Bunga Di Bombana

Pengarajin Pot Tiga Darah yang terletak di Jalan Poros Kendari-Kasipute, Desa Lantowua adalah salah satu setra usaha pot bunga yang ada di Kabupaten Bombana. Usaha ini dirintis sejak 2002 lalu, hingga saat ini masih melayani permintaan pot bunga di daerah Bombana dan sekitarnya.

Hapiah selaku pemilik usaha Pot Tiga Dara mengungkapkan, usahanya sudah berjalan 16 tahun dan melayani permintaan dari berbagai daerah di Kabupaten Bombana seperti Poleang, Rumbia, Kabaena dan sekitarnya.

“Dalam sehari mampu membuat 30 hingga 40 pot dengan harga jual per pot bervariasi, mulai dari harga 10.000 hingga 500 ribu tergantung dari besar kecilnya pot tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, penghasilan penjualan pot bunga dalam sehari sebesar 300 ribu, sementara pada saat hari lebaran dan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) bisa mencapai hingga sebesar 500 ribu.

“Pada hari perayaan kami kewalahan melayani permintaan pelanggan karena keterbatasan modal dan kurangnya karyawan,” tutur Hapiah.

Di tempatnya tersebut Hapiah tidak hanya memiliki usaha pot bunga, tetapi ia juga memiliki usaha lain seperti, menjual bibit ikan hias dan akuarium kaca.

“Selain jual pot, kami juga jual ikan hias dan akuarium kaca, untuk harga ikan hias per ekor mulai dari harga 10 ribu hingga ratusan ribu,” tukasnya.

Hapiah berharap, usaha pembuatan pot bunga yang diberi nama usaha Pot Tiga Dara mendapat perhatian dari pemerintah atau swasta yang peduli terhadap usaha ekonomi kreatif.

“Kalau ada bantuan modal, saya yakin usaha membuat pot bunga dapat lebih berkembang, apalagi kalau diikutkan pelatihan peningkatan keterampilan,” pungkasnya

Source https://www.wartasultra.id https://www.wartasultra.id/2018/07/28/pengrajin-pot-bunga-kabupaten-bombana-harapkan-bantuan-pemerintah/
Comments
Loading...