Kerajinan Pot Dari Limbah Serbuk Gergaji Di Bogor

0 1.015

Kerajinan Pot Dari Limbah Serbuk Gergaji Di Bogor

Di tangan orang kreatif limbah serbuk gergaji kayu bisa bermanfaat. Buktinya di tangan kelompok ibu-ibu dan remaja putri di Cikaret, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, limbah ini bisa disulap menjadi sebuah boneka Potty lucu dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Boneka Potty sendiri merupakan jenis boneka yang terbuat dari serbuk gergaji dan bisa ditanami tumbuhan apa saja. Tujuan diciptakannya boneka ini, agar anak-anak lebih suka menanam.

“Jadi konsepnya itu kita ingin mengajarkan cara menanam kepada anak –anak dengan cara yang menyenangkan. Selain itu kita juga ingin memanfaatkan limbah serbuk kayu.” ujar Solihat selaku ketua tim pembuat boneka Potty.

Cara pembuatan boneka ini pun terbilang mudah. Dengan menggunakan stocking, bubuk gergaji kayu dimasukan dan langsung dibentuk menyerupai binatang yang lucu. Ide awal diciptakannya boneka Potty karena ada banyaknya limbah gergaji ayu yang tidak terpakai. Lalu para ibu-ibu di desa tersebut kemudian berinisiatif untuk membuat boneka tersebut bersama-sama pada tahun 2009.

Pada awalnya produksi boneka Potty ini dipusatkan dalam satu rumah. Namun karena sulitnya para ibu rumah tangga untuk berkumpul, kini pembuatan boneka Potty ini dikerjakan di rumah masing-masing.

Untuk harga satu boneka Polly ini dibanderol mulai dari Rp 15 ribu – Rp 30 ribu tergantung dari besarnya boneka tersebut. Boneka ini juga dijual dalam satu paket yang terdiri dari puluhan boneka untuk keperluan edukasi masal maupun souvenir.

Saat ini, boneka Potty telah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia dan diekspor ke berbagai negara di Asia maupun Eropa. Biasanya, boneka ini dijual di gerai-gerai mainan anak serta melalui media online.

Para perajin  menetapkan sistem agen untuk pembeli yang akan membeli boneka dalam jumlah banyak. Selain boneka Potty, di sini juga memproduksi potmini dan potabie. Kerajinan ini juga memiliki fungsi untuk ditanami seperti layaknya boneka Potty namun dengan kreasi yang  beda.

Dengan adanya produksi boneka Potty dari serbuk gergaji kayu ini, diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat sekitar. Selain itu dapat mengedukasi anak-anak untuk bisa menanam dan merawat tanaman.

Source https://netz.id https://netz.id/news/2018/04/08/00316/1004071217/potty-dol-boneka-lucu-dari-bogor-yang-diekspor-sampai-eropa
Comments
Loading...