Kerajinan Pot Minimalis Di Solo

0 443

Kerajinan Pot Minimalis Di Solo

Pot berbentuk minimalis nampaknya sedang digandrungi masyarakat perkotaan. Desainnya yang natural tapi juga memberi kesan elegan selaras dengan gaya masyarakat perkotaan modern. Usaha membuat pot minimalis sendiri mulai dilirik, karena peminatnya sebagian besar berasal dari kalangan menengah atas.

Broto adalah salah satu pengrajin pot atau benda apapun yang terbuat dari semen dan pasir yang sudah berkiprah selama 26 tahun di daerah Solo, Jawa Tengah. Awalnya Pak Broto yang merupakan jebolan ASRI atau Akademi Seni Rupa Indonesia yang sekarang bernama ISI Jogja Jurusan Seni Patung ini memulai usahanya pada pembuatan pot dengan beragam bentuk dan ukuran, kemudian Bak Broto mencoba membuat Air Mancur, hingga Patung Budha, patung Bunda Maria, serta patung lainnya tergantung besanan.

“Ya di sini bisa menerima pesanan apa saja Mbak, yang berbahan baku campuran semen sama pasir lho ya. Dulu memang awalnya dari pot-pot hias trus patung, trus asesoris untuk rumah-rumah. Kalau yang paling banyak itu pesanan pot, saya pernah dapat pesanan pot untuk menghiasai Slamet Riyadi itu,” ujar Pak Broto.

Seperti yang diceritakan Pak Broto, saat ini sedang booming pesanan pot minimalis dengan desain klasik. Semua pot minimalis buatan Pak Broto diproduksi secara manual dengan tangan. Dalam sehari Pak Broto dengan ke 7 karyawannya bisa menciptakan 4-5 pot untuk ukuran besar, dan 10-15 pot ukuran kecil.

Pot-pot tersebut rupanya tidak hanya diminati pasar domestik saja. “Untuk ekspor kita sudah sering apa lagi dulu, ada dari Perancis pesan pot banyak sekali. Tapi melalui perantara orang Mbak, jadi tinggal sini yang untuk nggarap saja,” cerita laki-laki berkumis namun ramah ini.

Bicara soal harga memang sangat bervariasi mulai Rp 10.000 sampai Rp 1 juta tergantung model dan ukuran. Soal kualitas jangan khawatir, Pak Broto selalu selektif dalam proses pemilihan bahan baku kualitas terbaik serta proses pembuatan.

Source http://www.timlo.net http://www.timlo.net/baca/25740/pot-manis-minimalis-laris-manis/
Comments
Loading...