Kerajinan Puade Di Lampung

0 102

Kerajinan Puade Di Lampung

Melestarikan budaya lewat hobi, inilah yang sehari-hari dilakukan Nurmawati, warga berasal dari Pesisir Barat. Dia menyalurkan kreativitas seninya dengan membuat hiasan dinding hiasan pengantin khas Lampung, yang biasa disebuat puade.

“Yang pernah datang ke acara nikahan atau adat orang Lampung pasti tahu hiasan dinding dan pintu yang dijahit dengan benang emas dan dominan warna merah ini, kami biasa menyebutnya puade,” kata dia.

Nurmawati menjelaskan proses pembuatan satu buah puade ini membutuhkan waktu yang lama, mulai dari dua minggu sampai satu bulan. Karena, puade dijahot tidak menggunakan mesin tapi dengan tangan. “Puade ini bisa juga dijadikan oleh-oleh khas Lampung bagi pengunjung wisata,” kata dia.

Nur—panggilan kecil Nurmawati—berharap anak-anak muda yang mau ikut melestarikan budaya, bisa belajar membuat hiasan dinding pengantin khas Lampung ini. Harapannya, hasil kreasi budaya ini tetap terjaga dan selalu ada. “Saya juga berharap ada dukungan dan perhatian khusus dari pemerintah agar hasil kebudayaan ini tetap dilestarikan,” kata dia.

Source https://lampungpro.com https://lampungpro.com/post/7641/lestarikan-budaya-lewat-kerajinan-puade-khas-lampung
Comments
Loading...